Ilustrasi investasi, porosberita.com

Kadin Papua Barat Optimis Tingkatkan Realisasi Investasi 2016

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Papua Barat, Optimis, dapat membantu pemerintah papua barat dan kabupaten kota tingkatkan realiasasi investasi di tahun 2016 mendatang.

“Kadin punya peran strategis untuk menjemput investor dari luar, sebab, jaringan kadin, menjangkau seluruh pengusaha di indonesia” kata Ketua Kadin Provinsi Papua Barat, Yusup Sawai, Minggu kemarin.
Tidak hanya memiliki jaringan investasi di indonesia, Kadin juga memiliki jaringan pengusaha internasional yang siap memanamkan modalnya di papua barat. “Kami juga punya jaringan internasional”

Sawai mengaku, upaya peningkatan investasi di papua barat tahun 2015, melalui peran strategisnya belum dilaksanakan secara maksimal, sebab hingga kini pengurus Kadin di Provinsi Papua Barat, belum dikukuhkan.

“Setelah pengukuhan kemarin, kedepan, tentu kita akan meningkatkan koordinasi dengan pemerintah daerah. Dalam waktu dekat, kita akan melaksanakan rapat kerja,”kata Yusup.

Kadin kata Sawai, merupakan asosiasi pengusaha yang berperan langsung terhadap perekonomian daerah maupun nasional.

Saat ini, lanjut Yusup, banyak anggota Kadin dari luar daerah siap masuk berinvestasi di Papua Barat, diantaranya, Anindia Bakri, yang saat ini menjabat sebagai wakil ketua umum Kadin pusat.

“Kadin bertanggungjawab untuk melibatkan sumber Saya Manusia dalam perekonomian, tentunya, kita adalah mitra bagi pemerintah,”kata dia lagi.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengendalian, Badan Penanaman Modal dan Pusat Pelayanan Terpadu (BPMP2T) Provinsi Papua Barat, Johanis Birahy, mengatakan, realisasi investasi di daerah ini baru mencapai Rp.1,3 triliun.

Hal ini, kata dia, belum sesuai dengan target investasi yang dipatok pemerintah provinsi Papua Barat, tahun ini sebesar Rp.4,5 triliun.

“Kita baru bisa memenuhi, 31 persen, realisasi investasi itu terdiri dari penanaman modal asing dan penanaman modal danal negeri,” kata Johanis. | RIZALDY