ilustrasi, Merawat Pohon. mazsoom blogspot.com

Kadis Kehutanan Nilai Kesadaran Warga Dalam Merawat Pohon Rendah

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Manokwari, Erens Ngabalin menilai, kesadaran masyarakat masih rendah untuk merawat pohon. Sehingga penanaman pohon yang dilakukan di daerah ini tidak memperoleh hasil maksimal.

“Aksi penamanam sudah sering dilakukan, tetapi masalahnya adalah masyarakat kurang mendukung, kesadaran memelihara masih kurang. Pohon yang sudah tumbuh, sebentar saja sudah dirusak lagi,” kata Erens, Selasa (22/9/2015).

Ia mengaku, upaya untuk meningkatkan peran aktif serta kesadaran masyarakat sudah sering dilakukan. Dari tingkat sekolah, hingga penyeluhan serta sosialisasi.

“Misalnya kegiatan kampanye menjaga kelestarian lingkungan. Kita juga sudah melakukan edukasi yang menyasar generasi muda, kami juga akan memprogramkan pembagian bibit pohon untuk ditanam di lingkungan masyarakat,” tuturnya.

Anggota DPRD Kabupaten Manokwari, Eli Wanma mengatakan, pelaksanaan kegiatan pembinaan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat harus lebih diintensif.

“Sehingga, manfaatnya bisa dirasakan bagi semua yang ada di daerah ini,” ujarnya.|RASYID FATAHUDDIN