Kepala Bagian Politik dan Diplomasi Publik kedutaan besar Australia DR. Bradley Armstrong PSM bersama Sekda manowkari Selatan E. A. O. Pocerattu

Kadis Kesehatan Minta Pustu ke Pemerintah Australia

MANSEL, Cahayapapua.com–– Pemerintah Kabupaten Manokwari Selatan berharap Pemerintah Australia bisa ikut memberikan dukungan untuk pembangunan Pustu di wilayah pelayanannya.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan dr. Iwan Butar-Butar kepada Kepala Bagian Politik dan Diplomasi Publik Kedutaan Besar Australia DR. Bradley Armstrong PSM saat berkunjung ke Kabupaten Mansel, Kamis (27/4/2017).

Dijelaskan, di wilayah Manokwari Selatan baru sekitar 10 pustu yang ada, demikian halnya dengan polindes. Selain fasilitas kepala dinas juga menyampaikan layanan- layanan kesehatan di wilayah tersebut masih jauh dari masyarakat. Kendalanya beberapa distrik baru memiliki 5 petugas kesehatan.

“Jadi kalau kami bisa memintah, tolonglah kami dibantu dengan pembangunan Pustu dan Polides, dari 57 kampung Pustu kami baru 10, polindes juga demikian,” terangnya.

Ia juga menjelaskan beban APBD untuk membiayai layanan kesehatan di Kabupaten Mansel cukup berat, salah satu beban yang harus ditanggung pemerintah daerah adalah pembayaran honor tenaga medis, dari sejumlah dokter yang mengabdi di wilayah Manokwari Selatan hanya satu dokter yang berstatus Pegawai Negeri Sipil.

“Belum lagi tenaga kesehatan lainnya seperti bidan, perawat, analis dan apoteker, apoteker kami di Manowkari Selatan semua masih kontrak, jadi menjadi semua beban anggaran daerah,” jelasnya. (acm)

Tinggalkan Balasan