Ilustrasi

Kadis Pendidikan Minta Guru Tingkatkan Kompetensi

KAIMANA, Cahayapapua.com—- Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kaimana, Luther Rumpumbo, S.Pd meminta para guru di wilayah Kabupaten Kaimana agar terus berupaya meningkatkan kompetensi karena keberadaannya menjadi cerminan bagi anak didik. Guru harus benar-benar menguasai bidang ilmu masing-masing untuk menghasilkan siswa didik yang berkualitas dan menguasai setiap mata pelajaran.

Kadis Luther menyampaikan hal ini saat membuka kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Kelompok MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) dan MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) tingkat SMA/SMK se-Kabupaten Kaimana Tahun 2016 bertempat di Gedung Serba Guna SMA Negeri I Kaimana, Senin (8/8/2016) petang.

Kegiatan MGMP dan MKKS ini sendiri merupakan kerjasama Dinas Pendidikan Kabupaten Kaimana dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Papua Barat.

Hadir menyampaikan materi dalam kegiatan ini Kepala LPMP Provinsi Papua Barat Drs. Adrian Howay, MM bersama dua staf Turung Supriyadi, M.Pd dan Eko Tunyanan, M.Pd. Kegiatan ini sendiri bertujuan membentuk MGMP dan MKKS SMA/SMK di Kabupaten Kaimana.

Lebih jauh Kadis Luther berharap, melalui lembaga MGMP dan MKKS, kompetensi guru di Kabupaten Kaimana dapat ditingkatkan. Luther juga mengingatkan bahwa persoalan pendidikan merupakan persoalan yang komplek yang membutuhkan kerjasama semua guru untuk menyelesaikannya.

“Pendidikan merupakan kebutuhan yang tidak pernah berhenti. Persoalan dunia pendidikan juga sangat kompleks. Dari sisi investasi memang mahal, tetapi pendidikan itu membawa manfaat yang besar untuk jangka panjang. Untuk itu kepada guru-guru saya minta tingkatkan kompetensi, berilah contoh yang baik kepada anak didik karena guru merupakan cerminan bagi anak didik dalam belajar,” ingat Luther.

Sebelumnya, Kepala LPMP Papua Barat, Adrian Howay dalam arahannya mengatakan, MGMP dan MKKS merupakan wadah bagi guru untuk menyelesaikan persoalan pendidikan yang dihadapi, tetapi juga sebagai wadah menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi anak-anak bangsa.

MGMP dan MKKS lanjutnya, merupakan organisasi yang tidak terpisahkan dari sekolah. Untuk itu, dengan keberadaan MGMP dan MKKS di Kabupaten Kaimana diharapkan kompetensi guru lebih terbentuk sehingga tugas utama mencerdaskan anak bangsa benar-benar dapat dilaksanakan dengan baik. (ISA)

Tinggalkan Balasan