Kadis Peternakan Papua Barat Jadi Tersangka Sekaligus Saksi Kasus Sapi

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Penyidik Kepolisian Resor Manokwari terus berupaya mengungkap kasus dugaan penyalahgunaan aliran dana proyek swasembada sapi Papua Barat.

Setelah menahan dua tersangka dan menyita sejumlah barang bukti, kini penyidik telah mengagendakan pemeriksaan Kepala Dinas Peternakan Papua Barat, Hary T Uhi.

Kapolres Manokwari, AKBP Johnny Edizon Isir, Sik, melalui penyidik Ipda Juman Simanjuntak, SH mengatakan, Hari meski telah ditetapkan sebagai tersangka, namun dalam pemeriksaan ini akan dipanggil sebagai saksi bagi dua tersangka lain.

Penyidik juga akan memanggil Saksi lain yakni Ruben J. Rumere selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK). Sama seperti Hari, Ruben juga telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini.

Kapan mereka diperiksa? “Sesuai agenda penyidik, para saksi diperiksa Senin (10/11/2014, red) di Mapolres Manokwari,” jawab Juman Simanjuntak. (Baca juga: Diduga Dibeli dari Dana Proyek Swasembada Sapi, 2 Mobil Ini Disita)

Sebelumnya, Aparat Kepolisian Resor Manokwari menyita dua unit mobil yang diduga hasil tindak pidana korupsi pada proyek ini. Dua unit mobil yang disita penyidik Polres Manokwari sebagai barang bukti pada Kamis (6/11/2014) lalu yakni Honda Jazz dengan nomor polisi L 1830 MY dan mobil Toyota Avanza PB 1580 MA. Mobil ini disita di dua lokasi berbeda yakni di Wosi dan Sowi. Namun Polisi tak mau menyebut mobil ini disita di rumah siapa dan milik siapa.

Dua kendaraan tersebut kemarin terparkir di halaman Mapolres Manokwari. Sebelumnya penyidik juga telah menyita 3 unit mobil dan 4 unit motor di dua lokasi yakni, SP VII dan Kampung Makassar. (Baca juga: Digeledah, Tersangka Korupsi Sapi Sembunyi Kunci Mobil di Timbunan Pasir)

Juman Simanjuntak mengatakan Polres Manokwari telah menetapkan 4 tersangka dalam kasus dugaan korupsi ini diantaranya, Hary T Uhi selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Ruben J Rumere selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Amrin Yusuf selaku ketua Himpunan Peternak Indonesia wilayah Papua Barat dan Sumarni berperan selaku Ketua Kelompok Peternak di Kampung Sumberboga di Distrik Masni. |TAKDIR

 

EDITOR: PATRIX BARUMBUN TANDIRERUNG

Tinggalkan Balasan