Kantor-Gubernur-Papua-Barat.

Kadis PU Optimis Kantor Gubernur Papua Barat Diresmikan Oktober 2015

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Papua Barat Agustinus Haryadi memastikan peresmian kantor gubernur Papua Barat yang terletak di Arfai, Manokwari, bisa dilakukan sesuai jadwal pada 12 Oktober mendatang.

Haryadi mengatakan pembangunan gedung utama kantor gubernur sudah selesai, sementara taman dan jalan di depan gedung tersebut sudah hampir selesai.

“Kalau kantor gubernur sudah siap 100 persen ya. Paling tidak taman dan jalan di depan sudah mendekati rampung. Saya usahain sebelum peresmian jalan sudah diaspal,” kata Haryadi soal kemajuan pembangunan kantor kepada wartawan, kemarin.

Dia melanjutkan, untuk pengerjaan fasilitas pendukung seperti air mancur, simbol burung kasuari, tulisan besar kantor gubernur, kolam hias dan tempat duduk termasuk lampu-lampu taman sedang dalam tahap pengerjaan. “Untuk tulisan kantor gubernur akan diselesaikan sebelum peresmian. Saya optimis target bisa selesai sebelum peresmian,” ujar dia.

Selain itu ia menyatakan instalasi jaringan listrik sudah rampung, demikian juga dengan instalasi air. Ia mengatakan saat ini pihaknya tinggal memperbaiki administrasi pengajuan listrik ke PLN.

Kantor gubernur Papua Barat membutuhkan daya sebesar 1,6 MW, yang akan disalurkan dari PLN. Meski begitu kantor tersebut nantinya juga akan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang rencananya paling cepat awal tahun 2016 mulai dibangun. “Jadi nanti listrik diganti dengan tenaga surya,” kata dia.

Total anggaran yang disalurkan untuk pembangunan kantor gubernur hingga tahun anggaran 2015 telah mencapai Rp. 435 miliar. Setengah lebih anggaran tersebut atau 390 miliar digunakan untuk membangun gedung utama. |DINA RIANTI