Kartu Indonesia Sehat (KIS). Foto : Beritasatu

Program Sosial Jokowi Belum Sentuh Papua Barat

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Program Pemerintah Pusat yang digalakan Presiden Jokowi lewat Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) hingga kini belum berjalan di Provinsi Papua Barat.

Kepala Dinas Sosial Papua Barat Lasarus Indou, Kamis (4/12/2014) mengatakan, hingga saat ini ketiga program itu belum berjalan di Papua Barat. Hal ini karena sampai saat ini belum ada anggaran yang disediakan oleh kementrian sosial untuk menjalankan program tersebut di Papua Barat.

“Staf kami sudah ke ke Kemensos berbicara soal ini, namun kami masih menunggu petunjuk teknis selanjutnya dari kemensos,” kata Lasarus saat ditemui pada persemian kantor Bank Indonesia (BI) Papua Barat.

Meski demikian menurutnya, program ini pasti akan berlaku di Papua Barat. Sepertinya baru akan terwujud pada tahun anggaran 2015 mendatang. “Kami masih menunggu tindaklanjut, karena ini baru pembahasan awal,” ungkapnya.

Namun untuk menerima program ini, Dinsos nantinya akan menghimpun data penerima bantuan ini. Ini sedikit berbenturan dengan Program Keluarga Harapan (PKH), sehingga Dinsos juga masih akan melihat kembali program ini. |DINA RIANTI

 

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan