Kadis Pendidikan (kiri) saat penandatanganan MoU antara SMK N2 dan Astra. Foto:CAHAYAPAPUA.com |Isabela Wisang

Kaimana Anggarkan 172 Miliar untuk Pendidikan

KAIMANA,CAHAYAPAPUA.com–Diproyeksikan pada tahun anggaran 2015, Pemerintah Kabupaten Kaimana melalui Dinas Pendidikan akan menggelontorkan anggaran sebesar Rp.172 Miliar untuk membiayai program pendidikan di Kabupaten Kaimana. Jumlah ini mengalami peningkatan dari tahun 2014 yang dialokasikan sebesar Rp.131 Miliar dari tota APBD Kabupaten Kaimana atau lebih dari 20% berdasarkan ketentuan nasional.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Luther Rumpumbo, S.Pd saat mewakili Pemerintah Daerah dan SMK Negeri II melakukan penandatanganan Memoranduum of Understanding (MoU) dengan PT. Astra Internasional Motor, belum lama ini. Dikatakan, kebijakan Bupati Kaimana dalam bidang pendidikan yang bertujuan membantu anak-anak Kaimana.

Dijelaskan, kebijakan bidang pendidikan melalui alokasi anggaran yang tidak sedikit jumlahnya, selain untuk membiayai anak-anak yang sekolah di Kaimana, tetapi juga untuk membantu membiayai pendidikan anak-anak Kaimana yang sementara ini mengenyam pendidikan diluar Kaimana, baik pendidikan menengah maupun pendidikan tinggi. Tahun 2014, total anggaran pendidikan yang dikucurkan mencapai Rp.131 Miliar. Sedangkan untuk tahun 2015, diperkirakan mengalami kenaikan yang signifikan mencapai 172 Miliar.

Kadis Luther mengatakan, kebijakan Bupati Kaimana dalam bidang pendidikan merupakan sesuatu yang luar biasa. Selain untuk membiayai pembangunan sarana prasarana pendidikan, setiap tahun pemerintah daerah juga mengalokasikan bantuan pendidikan yang mencapai kurang lebih Rp.35 Miliar, untuk membantu anak-anak di Kaimana, termasuk untuk anak Kaimana yang mengenyam pendidikan diluar daerah. Saat ini jelasnya lagi, ada sekitar kurang lebih 1.000 mahasiswa Kaimana di beberapa kota studi yang mendapat bantuan pendidikan dari dana tersebut.

“Ini sangat luar biasa. Olehnya kita harus berterima kasih kepada Bapak Bupati karena selama beliau memimpin, banyak hal yang sudah dilakukan untuk kita. Maksudnya ada kebijakan-kebijakan yang dilakukan untuk membantu anak-anak kita ini, baik yang ada di Kaimana maupun juga yang sementara ini ada di luar Kaimana. Ada kurang lebih 1.000 mahasiswa Kaimana yang tersebar di seluruh Indonesia, yang setiap tahun kita bantu. Tiap tahun kurang lebih 35 miliar disiapkan untuk membiayai pendidikan dari TK sampai perguruan tinggi, berupa beasiswa terlepas dari bantuan lainnya. Tahun 2014, dana pendidikan kita sebesar 131 miliar dan tahun depan diperkirakan sebesar 172 miliar,” jelas Luther.

Lebih jauh Kadis Luther juga mengingatkan, pendidikan bukan hanya menjadi tanggungjawab Pemerintah Daerah, atau Dinas Pendidikan sebagai instansi pengelola pendidikan, tetapi juga menjadi tanggungjawab orangtua untuk mengurusnya. Orangtua memiliki peran yang strategis, dalam memberikan motivasi dan bimbingan kepada anak-anak. Jika pendidikan anak diserahkan seluruhnya kepada pemerintah daerah atau dinas tanpa dukungan orangtua, maka upaya pemerintah daerah meningkatkan kualitas pendidikan akan sia-sia. Untuk itu, Kadis Luther berharap, orangtua harus lebih aktif membimbing, mendampingi dan memotivasi anak. |ISABELA WISANG

 

EDITOR: IMRAN

One comment

  1. ROY MARTEN MEIGI

    Beasiswa tiap tahun slalu telat pengirimanya
    Sedangkan kami mahasiswa punya keperluan di kampus yg juga masih belum teratasi.

Tinggalkan Balasan