Wakil Bupati Kaimana, Ismail Sirfefa
Wakil Bupati Kaimana, Ismail Sirfefa

Kaimana Bersiap Berantas Pungli di Pelabuhan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Pemerintah Kabupaten Kaimana, sedang bersiap-siap untuk melakukan upaya penceganan pratik pungutan liar atau pungli di pelabuhan.  

Wakil Bupati Kaimana Ismail Sirfefa di Manokwari, Rabu (2/10) mengatakan, praktik pungli cukup menguatirkan baik pedagang, pemerintah maupun masyarakat. Ia berharap pengelolaan dan transportasi barang di pelabuhan ditata secara tertib untuk mencegah aksi oknum pelaku pungli.

Menurut dia, praktik pungli dapat mengganggu daya beli masyarakat serta stabilitas usaha perdagangan. Ia tak mau pertumbuhan ekonomi terhambat akibat praktik tersebut.

“Masyarakat tentu berharap pedagang tidak menerapkan harga terlalu tinggi dan disisi lain, pedagang tidak mau rugi. Ketika ada pungli pastinya hal itu bisa mempengaruhi tingkat harga, untuk praktik ini harus dicegah,” kata dia.

Untuk mengantisipasi praktik pungli di pelabuhan, ujarnya, Pemkab Kaimana akan berkoordinaso dengan seluruh otoritas pengelola pelabuhan di daerah itu. Ia ingin ada regulasi di daerah yang mengatur tentang proses pengiriman barang.

Dia mengungkapkan, selama ini Kaimana menjadi daerah pemasok perikanan bagi beberapa daerah di Papua dan luar Papua. Hal ini sudah berlangsung cukup lama dan berharap terus berjalan dengan lancar.

“Pada sisi lain, kami pun masih bergantung dengan daerah lain, terutama untuk kebutuhan sembako dan barang strategis lainya. Kami tak mau masyarakat menerima beban telalu berat dalam penerapan harga akibat praktik pungli tadi,” ujarnya menambahkan.

Ismail bersyukur, Kaimana menjadi salah satu daerah yang disinggahi kapal tol laut. Program tersebut dinilai sangat membantu pedagang dan masyarakat selaku konsumen.

Selain meringankan beban pelaku usaha dalam mendatangkan barang, program ini membantu warga Kaimana menjual produksi perikanan dan perkebunan mereka ke daerah lain.

“Hal-hal seperti ini yang membutuhkan penataan secara baik agar berjalan lancar. Jangan sampai tujuan dari program tol laut ini gagal akibat ulah oknum pelaku pungli,” pungasnya (IBN)

Tinggalkan Balasan