ilustrasi

Kaimana Gelar Manasik Haji untuk 32 Calon Haji

KAIMANA, CAHAYAPAPUA.com—– Plh. Sekda Kaimana yang juga Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Kaimana, Martinus Furima , Senin (1/8/2016) membuka manasik haji bagi 32 calon jemaah haji tahun 2016 di Kabupaten Kaimana. Manasik haji yang digelar pada ruang pertemuan Bicari Hotel tersebut berlangsung s dua hari, 1-2 Agustus 2016 melibatkan 4 (empat) nara sumber.

Furima dalam sambutannya mengatakan, manasik haji sangat penting dilakukan sebagai petunjuk teknis bagi para jemaah calon haji dalam melaksanakan ibadah haji.

Ia berharap para jemaah calon haji dapat mengikuti petunjuk perjalanan ibadah haji dengan baik, termasuk menjaga kesehatan agar penyelenggaraan ibadah haji nanti berjalan aman, lancar dan terkendali dan sekembalinya ke tanah air menjadi haji yang mabrur.

Dikatakan, Pemerintah Daerah akan terus memberikan dukungan bagi peningkatan kualitas iman umat beragama di Kabupaten Kaimana. Salah satunya melalui dukungan dana dalam penyelenggaraan manasik haji. “Saya harap para calon jemaah haji bisa memberikan contoh dan teladan yang baik kepada masyarakat sekembalinya nanti dari tanah suci,” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaimana, Drs. H. Jabir dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan manasik haji adalah untuk membekali para calon jemaah haji tentang ilmu manasik dan tata cara pelaksanaan haji sesuai dengan syariat Islam.

Langkah ini dimaksudkan agar dalam melaksanakan ibadah haji benar-benar mengerti tentang haji, dapat melaksanakan ibadah haji secara mandiri serta memperoleh haji yang makbul dan mabrur.

Terkait jumlah calon haji, Haji Jabir menjelaskan, total jemaah calon haji Kabupaten Kaimana tahun 2016 sebanyak 32 orang dari yang seharusnya 35 orang. Dua (2) diantaranya tidak lagi terdaftar sebagai jemaah calon haji Kaimana akibat mutasi ke Jayapura, sedangkan 1 orang membatalkan keberangkatan akibat sakit.

Dari total 32 jemaah, 12 merupakan jemaah calon haji laki-laki dan sisanya sebanyak 20 orang merupakan perempuan. Sementara usia para calon haji, paling tua 84 tahun atas nama Tahir Marataeng dan termuda 28 tahun atas nama Awaludin Jumain. (ISA)

Tinggalkan Balasan