Wakil Bupati Kaimana, Ismail Sirfefa
Wakil Bupati Kaimana, Ismail Sirfefa

Kaimana Mulai Lirik Potensi SDM Dukung Pariwisata

MANOKWARI, Cahayapapua.com—  Pemerintah Kabupaten Kaimana mulai melirik potensi sumber daya manusia (SDM) masyarakat setempat untuk mendukung program pengembangan pariwisata di daerah tersebut.

Wakil Bupati Kaimana Ismail Sirfefa di Manokwari, Selasa (1/11), mengatakan, potensi pariwisata Kaimana tak kalah menarik dibanding Raja Ampat. Namun perhatian pemerintah provinsi Papua Barat belum tertuju ke daerah tersebut.

Ia bersyukur, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan memberi perhatian untuk membangun masyarakat di kota senja ini.

“Bulan Oktober kemarin, kami melakukan pertemuan dengan perwakilan Kemenko PMK. Pertemuan tersebut membahas masalah kesiapan SDM untuk membangun sektor pariwisata. Diusahakan pada tahun 2017 nanti, peningkatan kapasitas SDM mulai dilakukan,” kata dia.

Menurutnya, membangun pariwisata tak hanya membutuhkan dukungan anggaran dan infrastruktur. Hal utama yang juga harus disiapkan adalah kapasitas masyarakat. Ia berharap, dukungan Kemenko PMK bisa berjalan maksimal.

Ismail meyakini, pembangunan pariwisata bisa memberikan manfaat bagi pertumbuhan pada sektor lain. “Misalnya ketika ada wisatawan datang untuk menikmati pesona diving di Teluk Triton, mereka tentu membutuhkan penginapan yang layak, restoran dan fasilitas lain,” ujarnya lagi.

Ia mengaku saat ini, pemerintah daerah bersama masyarakat belum bisa mencukupi sarana dan fasilitas untuk kebutuhan namun tahun depan hal itu akan dibahas secara serius bersama Kemenko PMK.

Ismail berharap, secara perlahan masyarakat siap dan bisa memanfaatkan potensi pariwisata untuk meningkatkan perekonomian mereka. Ia ingin, masyarakat maju dalam mengelola pariwisata namun tetap menjaga kearifan lokal.

“Karena, budaya atau kearifan lokal masyarakat juga merupakan instrumen penting pada sektor pariwisata. Selain sebagai daya tarik, hal itu skaligus benteng untuk menjaga kelestarian alam,” pungkasnya. (IBN)

Tinggalkan Balasan