Bupati didampingi Kabag Umum Eko Cahyono bersama Ketua Pengadilan Tinggi meninjau lokasi Pengadilan Negeri di Bantemi Dalam, Kaimana.

Kaimana Segera Miliki Pengadilan Negeri

KAIMANA, CAHAYAPAPUA.c0m—– Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura Nasarudin Tappo didampingi staf bersama perwakilan dari Pengadilan Negeri Fakfak, tiba di Kaimana dalam rangka meninjau lokasi tanah untuk pembangunan gedung Pengadilan Negeri Kaimana.

Bersama Pengadilan Tinggi Jayapura, hadir pula Ketua Pengadilan Agama yang juga ingin melihat lokasi tanah untuk pembangunan gedung Pengadilan Negeri Agama Kaimana.

Pantauan Cahaya Kaimana, kunjungan Ketua Pengadilan Tinggi dan Ketua Pengadilan Agama ke lokasi tanah pembangunan gedung kantor turut didampingi Bupati Kaimana Matias Mairuma. Usai meninjau lokasi tanah, bertempat di Ruang Rapat Bupati Kaimana, Ketua Pengadilan berkenan melakukan undang-undang terkait Aparatur Sipil Negara (ASN), undang-undang tindak pidana korupsi dan sistim peradilan di Indonesia.

Bupati Kaimana Matias Mairuma mengawali kegiatan sosialisasi menyampaikan terima kasih kepada lembaga pengadilan yang akan segera membangun kantor di Kaimana. Bupati juga berterima kasih karena dalam kesempatan kunjungannya ke Kaimana, pihak Pengadilan Tinggi berkenan mensosialisasikan hal penting yang berkaitan dengan tugas pemerintahan.

Bupati juga menjelaskan, kunjungan Ketua Pengadilan Tinggi ke Kaimana dalam rangka merealisasikan trias politika.

“Di satu daerah otonom itu harus ada yang namanya eksekutif, legislativ dan yudikatif. Kaimana adalah daerah otonom baru yang wajib memiliki tiga pilar ini. Kalau sudah lengkap baru disebut sebagai daerah otonom. Saya sebagai pribadi berterima kasih karena pengadilan tinggi juga ingin memberikan satu dua hal terkait peraturan perundang-undangan yang mengikat institusi pemerintahan,” ujar Bupati.

Kesempatan yang sama Ketua Pengadilan Tinggi Nasarudin Tappo juga menjelaskan, tujuan utama mereka ke Kaimana adalah untuk melihat lokasi tanah pembangunan gedung Pengadilan Negeri Kaimana.

“Karena berdasarkan Kepres Tahun 2016, sudah ada Pengadilan Negeri Kaimana. Supaya dalam rangka penegakan hukum, masyarakat Kaimana tidak usah lagi jauh-jauh ke Fakfak.

Tidak perlu lagi mengeluarkan biaya transportasi yang besar ke Fakfak untuk menyelesaikan sengketa. Disini ada juga Ketua Pengadilan Agama yang datang untuk melihat lokasi tanah untuk pembangunan gedung pengadilan agama. Ini lengkap supaya Kaimana sejajar dengan kabupaten lain di Indonesia,” ujarnya. (ISA)

Tinggalkan Balasan