Bupati saat pelepasan TMMD menuju Kampung Marsi.

Kampung Marsi Akan Dicanangkan Kampung Percontohan

KAIMANA, Cahayapapua.com—– Kampung Marsi Distrik Kaimana akan dijadikan kampung percontohan sebagai kampung bersih, kampung KB dan lainnya. Pencanangan akan dilakukan pada kegiatan Bakti PMK yang akan dirangkai upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-108 dan penutupan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat Tahun 2016 yang akan dihadiri sejumlah menteri negara pada 20 Mei mendatang.

Rencana ini terungkap dalam rapat persiapan penutupan Ekspedisi NKRI dan Harkitnas antara Pemda Kaimana, Tim Ekspedisi NKRI dan perwakilan Kementerian Koordinator PMK (Pembangunan Manusia dan Kebudayaan) bertempat di Meeting Room Grand Papua Kaimana Hotel belum lama ini.

Dalam rapat disebutkan pencanangan Kampung Marsi sebagai kampung percontohan akan dilakukan saat sejumlah menteri yang tergabung dalam Kemenko Bidang PMK berkunjung ke Kaimana. Menteri yang telah terkonfirmasi akan hadir adalah Menko PMK Puan Maharani yang sekaligus akan memimpin upacara Harkitnas dan menutup resmi kegiatan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan lainnya termasuk Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Bupati Kaimana Drs. Matias Mairuma meminta agar pencanangan Marsi sebagai kampung percontohan harus dilakukan di Kampung Marsi agar dapat disaksikan oleh masyarakat setempat dan kampung sekitar. Saran Bupati Matias mengemuka menanggapi rencana kegiatan yang telah disusun tim Kemenko PMK yang merencanakan pencanangan Kampung Marsi sebagai kampung percontohan dilakukan disela upacara Harkitnas yang terpusat di Stadion Triton Kaimana.

“Pencanangan Marsi sebagai kampung percontohan harus disaksikan masyarakat Kampung Marsi dan sekitarnya. Itu artinya pencanangan harus dilakukan di Kampung Marsi. Masyarakat kami disini berharap menteri bisa hadir disana, mereka ingin saksikan langsung penobatan kampung mereka sebagai kampung percontohan. Kalau tidak kesana masyarakat tidak percaya lagi pada pemerintah di republik ini,” tegas Bupati yang kemudian disetujui perwakilan Kemenko PMK.

Untuk diketahui, menyambut kunjungan menteri, saat ini Pemerintah Daerah sedang giat menata Kampung Marsi. Selain menggerakan masyarakat untuk membersihkan lingkungan tempat tinggal, Pemda juga giat membangun sejumlah fasilitas yang dibutuhkan. Tidak hanya pemerintah daerah, TNI juga ikut membangun Marsi melalui program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) yang dipusatkan di Kampung Marsi. (ISA)

Tinggalkan Balasan