Uji KIR Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Manokwari.
Uji KIR Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Manokwari.

Kantor KIR Dipalang 3 Tahun, Pemda Manokwari Rugi 3,5 Miliar

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Sejak dipalang tahun 2013 lalu, kantor KIR Kendaraan praktis tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai salah satu penyumbang pendapatan daerah di Pemerintahan Kabupaten Manokwari.

Tak hanya itu, akibat pemalangan tersebut, Pemerintah Kabupaten Manokwari mengalami kerugian materil cukup besar yakni Rp 3,5 miliar.

Kerugian tersebut disebabkan banyak peralatan KIR mobil serta satu unit mobil yang terkunci didalam bangunan tersebut rusak total. Parahnya lagi sebagian bangunan yang berlokasi di Sowi IV Marampa, Distrik Manokwari Selatan itu, terlihat mengalami kerusakan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika, Alberth Simatupang kepada wartawan kemarin menjelaskan, kerugian sebesar Rp 3,5 miliar ini diketahui setelah bangunan tersebut dibuka oleh Bupati Manokwari dan kemudian didata oleh Inspektorat Kabupaten Manokwari, beberapa waktu lalu.

“Itu belum termasuk pajak dan biaya pengiriman ke Papua kalau kita pengadaan barangnya dari Surabaya,” jelasnya.

Dalam waktu dekat pihaknya akan segera melaporkan permasalahan ini kepada bupati, guna mendapat perhatian dari pemerintah daerah maupun dari kementrian terkait.

Dijelaskan, kerugian itu meliputi peralatan KIR mobil, satu unit mobil, serta beberapa komputer yang hilang dan dokumen kendaraan yang juga rusak termakan usia. “Yang tersisa hanya genset serta kompresor, tetapi kedua alat ini juga rusak,” pintah Alberth.

Dirinya menjelaskan, akibat tertutupnya bangunan KIR, membuat Dishubkominfo terpaksa mengambil insiatif dalam melaksanakan KIR di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Manokwari.

“Pelayanan sudah mulai jalan, namun KIR yang kami lakukan secara manual,” tuntas Alberth. (ACS)

Tinggalkan Balasan