Sosialisasi Dana Desa di Distrik Hingk, Kab. Pegunungan Arfak

Kantor PMPPPK Gelar Sosialisasi Dana Desa

 

ULLONG, Cahayapapua.com-– Pemkab Pegunungan Arfak melalui Kantor Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Pemerintahan Kampung (PMPPPK), baru – baru ini, mengadakan sosialisasi terkait dana desa di distrik Hingk.

Hans Bonepai selaku tenaga ahli pemberdayaan masyarakat desa menjelaskan, peserta sosialisasi diberikan materi seputar penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) maupun RKP desa tahun 2016.

“Ada penyempurnaan RPJM 2015 yang sudah dibuat. Disitu semua kebutuhan masyarakat yang menjadi kebutuhan prioritas ditetapkan tiap tahunnya lewat APBK kampung,” kata Bonepai.

Lanjut dia, untuk pencairan dana desa di tahun 2016 akan dilakukan dua tahap. Pertama di bulan April dan kedua pada Oktober 2016 mendatang.

“Tahap pertama dana yang dicairkan 60 persen sedangkan tahap kedua 40 persen. Alokasi dana desa dari APBN buat Kabupaten Pegaf, jumlahnya berkisar 570 juta hingga Rp 690 juta per kampung/ desa. Kalau dari APBD masih menunggu Daftar Pengisian Anggaran (DPA) dari Pemda,” ujar Bonepai

Ia menambahkan, menyangkut pendamping lokal khusus Distrik Hingk perlu di rekrut delapan orang, namun sejauh ini baru diisi satu orang pendamping.

Lebih jauh dikatakan Bonepai, sembilan rancangan Peraturan Bupati (Perbup) mengenai dana desa sudah dibuat dan tinggal disahkan. Perbup ini diantara-nya berisi tentang kewenangan kampung, prioritas pembangunan kampung, pengelolaan keuangan kampung, pengadaan barang dan jasa dan lain – lain.

Saat ini secara serentak, sebut Bonepai, ada empat tim yang diterjunkan ke 10 distrik melingkupi 166 kampung se Kabupaten Pegaf untuk mensosialisasikan penyusunan RKP dan APBK kampung.

“Saya sendiri sebagai koordinator yang menangani distrik Hingk, Minyambow dan Catubou. Harapan kami dana desa dapat digunakan aparat kampung sesuai rencana yang dibuat,” tutup Bonepay. (SON)

Tinggalkan Balasan