Kepala Kantor Kementrian Hukum dan HAM Papua Barat, Agus Purwanto mendampingi Sekda Papua Barat Nataniel Mandacan memotong pita peresmian sumur bor yang disumbangkan kepada warga.

Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Papua Barat Janji Tingkatkan Layanan Publik

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Papua Barat berkomitmen meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di wilayah ini.

Penegasan ini disampaikan Kepala Kantor Kementrian Hukum dan HAM Papua Barat, Agus Purwanto, ketika memperingati Hari Dharma Karyadhika tahun 2015, kemarin.

Peningkatan pelayanan yang dimaksud Agus, yakni kemudahan masyarakat memperoleh Dokumen Keimigrasian (Paspor), peningkatan pengawasan Orang Asing (POA), fasilitasi penyusunan produk hukum daerah, fasilitasi perolehan Hak Kekayaan Intelektual (HKI), serta pelayanan Fidusia Online, mendorong pelaksanaan RANHAM, meningkatkan pelayanan dan pembinaan warga binaan pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan.

Selain itu, meningkatkan pelayanan Komunikasi Masyarakat (YANKOMAS). Ini apabila terjadi indikasi pelanggaran HAM serta memberikan konsultasi hukum dan memebrikan Bantuan Hukum (BANKUM) gratis kepada masyarakat yang tidak mampu bekerja sama dengan Organisasi Bantuan Hukum (OBH) dan diseminasi serta sosialisasi HAM.

“Peningkatan pelayanan ini dilaksanakan sebagai wujud implementasi tata Nilai Kementrian Hukum dan HAM yang memiliki Slogan Kami PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif).”

Kantor Kementrian Hukum dan HAM Wilayah Papua Barat juga akan bersinegri dengan pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota untuk membentuk produk hukum daerah.

Kementrian Hukum dan HAM Papua Barat siap mendorong dan memfasilitasi pembentukan produk hukum di wilayah ini.

“Intinya kami siap bekerjasama dan membantu pemerintah daerah di lingkup Provinsi Papua Barat. Karena kehadiran kami disini bagaimana bisa mengintergrasikan Kementrian Hukum dan HAM di Papua Barat dan kabupaten/kota yang ada,” kata Agus. |ADITH SETYAWAN|BUSTAM