Ilustrasi. | City Seruu

Kapal Kecil Diminta Waspadai Gelombang di Perairan Manokwari

MANOKWARI– Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa gelombang tinggi mencapai dua hingga tiga meter berpeluang terjadi di perairan Manokwari. BMKG lalu memperingatkan warga terutama nelayan agar lebih berhati-hati.

“Keadaan tersebut terjadi mulai Kamis (15/1) pukul 09.00 WIT hingga Jumat (16/1) pukul 09.00 WIT, ini termasuk membahayakan” kata Kepala BMKG Manokwari, Denny Putiray, Rabu (14/1/2015).

Adalah nelayan yang mengunakan kapal-kapal kecil yang diminta untuk menghindari wilayah tersebut. “Demi keselamatan pelayaran,” katanya.

Wilayah lain yang berpeluang diterjang gelombang setinggi dua hingga tiga meter adalah Perairan Raja Ampat hingga Sorong, Perairan Biak dan Teluk Cendrawasih.

Sementara kecepatan angin, kata Denny, mulai meningkat. Saat ini mencapai 10 hingga 20 knot. “Kalau normal 5 hingga 10 knot,” ujarnya.

Kecepatan angin lebih cenderung terjadi di daerah perairan (laut) namun ia mengingatkan bahwa hal ini juga bisa berbahaya di daratan karena dapat memicu robohnya pohon terutama yang sudah lapuk.| ADITH SETYAWAN

Tinggalkan Balasan