Pelatihan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan (PSDKP) oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Teluk Bintuni

Kapasitas 20 Petugas Penjaga “PAD” Dinas Kelautan Bintuni Ditingkatkan

BINTUNI, Cahayapapua.com—– Sekitar 20 peserta mengikuti pelatihan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan (PSDKP) oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Teluk Bintuni, di ruang rapat, Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan, kompleks Perkantoran Bupati, SP 3, Distik Manimari, Rabu (1/6).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Yohanis R. Manobi, mengatakan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan petugas dalam menjaga kawasan baik di laut maupun di darat Teluk Bintuni. Sehingga dengan adanya pengawasan yang maksimal maka diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Kegiatan ini sangat begitu penting, karena ada beberapa pengawasan yang kami harus perkuat baik di laut maupun di darat. Yang selama ini kami merasa lemah dipengawasan pada sektor kelautan dan perikanan,” kata Kepala Dinas kepada wartawan usai membuka kegiatan pelatihan ini.

Selain itu, dengan adanya pelatihan ini dapat mengontrol produksi-produksi perikanan yang selama ini tidak menghasilkan PAD. Seperti pengambilan hasil laut yang tidak masuk dalam PAD, pengambilan hasil laut oleh nelayan-nelayan dari kabupaten tetangga.

Dijelaskannya, ada sekitar enam pos pengawasan yang berada di Kabupaen ini, diantaranya pos di Distrik Kamudan, Babo, Wariagar, Onar, Idor, dan Kuri.

Kegiatan yang anggarannya bersumber dari DPA Dinas Kelautan dan Perikanan Tahun 2016 diikuti oleh seluruh kepala pos yang ada di Teluk Bintuni dan staf bidang pengawasan kelautan perikanan dengan mendatangkan narasumber dari TNI AL, dan Satuan Polair Polres Teluk Bintuni. (ART)

Tinggalkan Balasan