Kapolda Papua Yotje Mende (samping kanan Gubernur Papua Barat Abraham Atururi) bersama Bupati Manokwari Bastian Salabai meninjau bekas kantor Bupati Manokwari yang rencananya akan dipakai sebagai Markas Polda Papua Barat, Kamis (20/11/2014). Foto: CAHAYA PAPUA.com | Dina Rianti

Kapolda Papua: Polda Papua Barat Terbentuk Januari 2015

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Kapolda Papua Irjen Polisi Yotje Mende menyatakan paling lambat Januari 2015 Polda Papua Barat sudah terbentuk.

Kapolda menyampaikan hal ini usai menggelar pertemuan tertutup dengan Gubernur Papua Barat Abraham O Atururi, Bupati Manokwari Bastian Salabai, Wakil Bupati Manokwari Robert Hammar, Sekda Papua Barat Nataniel Mandacan, Sekda Manokwari FM Lalenoh, Kapolres Manokwari dan sejumlah pejabat lain di ruang rapat kantor gubernur Papua Barat, Kamis (20/11/2014).

“Kami akan mempercepat pembentukan Polda Papua Barat. Kami harap paling tidak Januari 2015, Polda Papua Barat sudah bisa dioperasionalkan,” kata Kapolda.

Ia menjelaskan, sebelum membentuk Polda Papua Barat, pihaknya akan melengkapi perlengkapan kantor, kendaraan operasional, menyiapkan personil, termasuk menyiapkan pejabat Kapolda Kapolda Papua Barat.

“Saya melihat dari fasilitas bangunan sudah sangat layak, apalagi ini langsung ditunjuk gubernur dan bupati” katanya.

Soal renovasi kantor dan perlengkapan Polda Papua Barat, Sekda Papua Barat Nataniel Mandacan mengatakan, pemprov siap melakukan renovasi jika merupakan kewenangan Pemprov Papua Barat.

Untuk soal ini, Nataniel mengatakan masih dibahas secara bersama. “Nanti kan biasanya ada dana hibah dari pemprov, itu bisa digunakan untuk renovasi,” katanya.

Polda Papua akan membentuk struktur organisasi Polda Papua Barat sebelum menempatkan pejabat. Setidaknya 23 pejabat utama akan ditempatkan di Polda Papua Barat. Jumlah pejabat utama dan personil yang akan ditempatkan dalam tahap pertama sekitar 150 orang.

“Personil yang akan ditempatkan di Polda Papua Barat diprioritaskan dari anggota Polri yang memiliki keluarga di Manokwari. Itu sesuai petunjuk dari atasan di Jakarta, karena mempertimbangkan belum adanya asrama dan rumah dinas,” kata Yotje Mende.

Khusus untuk pejabat Polda Papua Barat, akan ditentukan sesuai persyaratan Polri, tidak melihat lokasi tinggal. “Kapolda, Wakapolda, Birowasa, Kepala Direktur dan Kepala Biro ditunjuk sesuai persyaratan Polri, agar mereka bisa bekerja dengan baik,” katanya.

Menurut Kapolda, Kapolri Sutarman direncanakan akan hadir di Manokwari dalam peresmian Polda Papua Barat.

Kapolda sempat melakukan kunjungan langsung ke lokasi kantor Polda Papua Barat di kantor Bupati Manokwari lama. Disana bupati Manokwari sempat menunjukkan sejumlah ruangan. Namun beberapa ruangan terkunci sehingga hanya dilihat dari luar.|DINA RIANTI

 

EDITOR: DUMA TATO SANDA

 

Tinggalkan Balasan