Anggota Polres Kaimana saat apel persiapan melaksanakan tugas sosialisasi dana desa.

KAIMANA, Cahayapapua.com— Kapolres Kaimana AKBP Roberto A. Pandiangan mengingatkan para kepala kampung dalam wilayah Kabupaten Kaimana agar hati-hati dalam menggunakan dana desa. Dana yang pemerintah pusat alokasikan langsung ke rekening desa, harus digunakan secara baik bagi kesejahteraan hidup masyarakat.

Kapolres menegaskan hal ini saat dikonfirmasi terkait sikap tegas Polres Kaimana dalam mengawasi penggunaan dana desa. Dijelaskan, tindakan pengawasan yang dilakukan Polres Kaimana akan diawali tahapan sosialisasi penggunaan dana desa kepada seluruh aparatur kampung dan masyarakat pada setiap desa di wilayah Kabupaten Kaimana.

“Mulai besok tim dari Polres Kaimana akan turun ke kampung-kampung melakukan sosialisasi terkait pemanfaatan dana desa. Kami akan maksimalkan pengawasan terhadap penggunaan dana ini. Kami ingatkan agar aparatur kampung hati-hati dalam mengelolanya,” tegas Kapolres kepada awak media usai menggelar jumpa pers tindak pidana korupsi Bansos dana haji Kabupaten Kaimana Tahun 2011 dan 2012 di Halaman Satuan Reskrim Polres Kaimana, Rabu (24/1/2018).

Kapolres ingatkan, penggunaan dana kampung harus dilakukan secara transparan, akuntabel, partisipatif, serta tertib dan disiplin. Pemanfaatan dana wajib melibatkan masyarakat, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan yang sudah disepakati bersama antara kepala kampung dan masyarakat.

“Kumpulkan masyarakat, duduk bicarakan bersama kira-kira dana kampung mau digunakan untuk apa. Dana harus dikelola sendiri oleh masyarat, tidak dibenarkan melibatkan pihak ketiga atau kontraktor. Karena dana ini dialokasikan untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat kampung. Misalnya kampung tidak punya MCK atau profil tank, bagaimana supaya masyarakat bisa hidup bersih, coba dianggarkan melalui dana desa,” terang Kapolres.

Menutup pernyataannya, Kapolres kembali mengingatkan seluruh kepala kampung agar pemanfaatan dana desa dilakukan secara transparan. “Begitu menerima dana kampung, harus membuat program kerja yang ditulis diatas spanduk. Jumlah dananya berapa, akan digunakan untuk apa dan apa target capaiannya. Ini wajib dilakukan supaya tidak ada penyelewenangan. Kami akan terus melakukan pengawasan,” tegas Kapolres. (isa)

Leave a Reply