Kapolri Jenderal Tito Karnavian, didampingi Kadiv Propam Mabes Polri, Brigjen Pol Martuani Sormin Siregar dan Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Rudolf Alberth Rodja, serta sejumlah pejabat utama Polda setempat, saat diwawancarai awak media, Minggu. Kapolri tiba di Manokwari untuk memantau langsung perkembangan pembangunan Mapolda Papua Barat.

Kapolri perintahkan Kapolres di Papua Barat turun ke sekolah

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian memerintahkan para Kapolres di Papua Barat untuk mendatangi setiap sekolah menjelang rekrutmen anggota Polri.

“Rekrutmen anggota Polri nanti akan ditambahkan kuota Papua Barat untuk Bintara, tapi saya perintahkan para Kapolres agar mendatangi sekolah-sekolah, cari anak yang baik-baik,” ujar Tito Karnavian di Manokwari, Minggu (13/8).

Lebih lanjut kata Tito, para Kapolres jangan sampai saat rekrutmen bersikap pasif, hanya menunggu para pelamar mendaftar. “Karena pekerjaan polisi ini belum terlalu favorit,” kata Tito.

“Jangan sampai ada yang hanya cari makan dan tidak serius menjadi polisi, kemudian nilainya hanya standar dan akhirnya memaksa Mabes Polri menurunkan standar. Kita tidak ingin merekrut orang yang salah, mesti orang yang betul-betul mau dan mampu,” ujarnya.

Tito juga memerintahkan para Kapolres agar pada saat penerimaan Polri melakukan koordinasi dengan para bupati.

Kapolri mengatakan kuota penerimaan Polri jalur Tamtama di Papua Barat pada tahun 2018 akan meningkat menjadi sekitar 350 personil.

“Nanti asisten SDM Mabes Polri akan melakukan komunikasi intens riilnya berapa yang dibutuhkan, sebab kita tidak ingin banyak yang direkrut tapi tidak dibarengi dengan kesejahteraan, fasilitas perumahan serta biaya yang cukup untuk operasionalnya. Nanti mereka merampok atau salahgunakan wewenang,” ujar Kapolri.

Tito mengaku tidak ingin anggota Polri menekan masyarakat. “Alangkah baiknya rekrutmen anggota Polri betul-betul efisien, sesuai kebutuhan, yang nanti dihitung oleh Kapolda,” kata mantan Kapolda Papua ini. (mar)

Tinggalkan Balasan