Ilustrasi, Pemberdayaan Pengusaha Lokal Papua

KAPP Dukung Regulasi yang Berdayakan Pengusaha Lokal

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) Papua Barat memberi apresiasi terhadap langkah Dinas Pekerjaan Umum Papua Barat yang tengah mempersiapkan draf aturan sebagai dasar untuk memberdayakan pengusaha asli Papua.

Sekretaris Umum KAPP Papua Barat, Thomas Jeferson Baru, Rabu kemarin mengatakan, KAPP mendukung apapun bentuk regulasi yang sedang dipersiapkan pemerintah daerah untuk memberdayakan pengusaha asli Papua.

“Inisiatif tersebut bagi kami sangat luar biasa. Kami sangat mendukung kebijakan dinas PU yang akan menerbitkan regulasi terkait pembagian proyek kepada pengusaha asli Papua dengan nominal proyek sebesar Rp. 2,5 miliar keatas,” ucap Thomas dengan nada gembira, kemarin.

Ia menyarankan pemerintah membuka diskusi dengan berbagai pihak terkait seperti unsur pemerintahan, unsur adat dan perbankan untuk memboboti draf regulasi yang sedang dipersiapkan tersebut.

Kedepan Thomas berharap agar regulasi yang akan dilahirkan dinas PU dapat diboboti dengan mempertimbangkan tantangan kompetensi dan kompetisi dunia usaha.

“Apalagi ini sudah mau memasuki era pasar bebas Asean atau yang dikenal dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang akan mulai diberlakukan pada bulan Desember 2015 ini,” katanya.

“Sudah pasti kami akan bertarung dengan pengusaha dari negara-negara Asia serta perebutan lapangan pekerjaan antara tenaga kerja lokal Papua Barat dengan tenaga kerja asing,” ujar Thomas yang juga menyarankan dinas lainnya baik ditingkat provinsi maupun kabupaten di seluruh Papua Barat dapat mengikuti langkah Dinas Pekerjaan Umum. |RIZALDY