Logo Kabupaten Maybrat. Foto: Kemendagri RI

Karel Murafer Dilantik Jadi Bupati Maybrat Hari Ini

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Wakil Bupati Kabupaten Maybrat, Karel Murafer akan dilantik gubernur Papua Barat menjadi Bupati Maybrat di auditorium PKK Papua Barat di perkantoran Arfai, Manokwari, hari ini, Kamis (8/1/2015). Dijadwalkan pelantikan digelar tanpa menggunakan sidang paripurna DPRD.

Kabiro Pemerintahan Provinsi Papua Barat, Elisa Sroyer, Selasa (6/1/2015), menjelaskan pelantikan Karel mengacu pada SK Mendagri Nomor : 131.92-4761.2014 tanggal 24 Desember 2014 tentang pengesahan pengangkatan Wakil Bupati Maybrat menjadi Bupati Maybrat dan pengesahan pemberhentian Wakil Bupati Maybrat.

“Mengacu Pasal 203 tentang Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang pelantikan Gubernur/Bupati dan Walikota menjelaskan apabila terjadi kekosongan Gubernur/Bupati dan Walikota yang diangkat berdasarkan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah, maka Wakil Gubernur/Wakil Bupati dan Wakil Walikota mengganti Gubernur/Bupati dan Walikota dengan berakhirnya masa jabatan. Berdasarkan aturan ini, maka setelah penghentian Bupati Maybrat, maka jelas jabatan bupati harus diisi Wakil, sehingga wakil bupati diusulkan untuk menggantikan bupati devinitif,” kata Sroyer.

Menurutnya, pelantikan Bupati Maybrat adalah pertama kali setelah diberlakukan Perpres RI Nomor 167 Tahun 2014. Sebelumnya, pelantikan juga telah diberlakukan pada Gubernur Jakarta.

Untuk pengamanan pelantikan, Sroyer mengaku telah berkoordinasi dengan Polres Manokwari. “Kita minta dukungan masyarakat Maybrat di seluruh Papua Barat beserta para tokoh di Maybrat untuk mendukung proses pelantikan. Sebab ini untuk kepentingan orang Maybrat sampai periode dua tahun sisa pemerintahan bisa diselesaikan dengan baik,” imbaunya. |DINA RIANTI

Tinggalkan Balasan