Kawasan Pasar Kuliner, Taman Kota, Bintuni Kota, harus segera difungsikan.

Kasihiw : Kawasan pasar kuliner harus difungsikan untuk tarik wisatawan

BINTUNI, Cahayapapua.com— Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw mengatakan kawasan Pasar Kuliner yang terletak di Taman Kota, harus segera difungsikan untuk menarik wisatawan.

“Bagaimana kita memberdayakan kembali untuk membuktikan, kawasan -kawasan kuliner dan pasar -pasar tradisional, dengan sentuhan objek wisata sebagai daya tarik,” kata bupati pada saat memberikan sambutan di kegiatan launching Peraturan Bupati (Perbup) tentang pengelolaan kawasan kuliner dan pemberdayaan komunitas perempuan mangrove, di Pasar Kuliner, Bintuni Kota, Rabu, (29/11) lalu.

Kasihiw mengatakan tempat -tempat seperti ini perlu dipoles dan di kemas dengan baik, meskipun hanya menjual pinang bisa menjadi tempat pariwisata. Karena wisata bukan hanya saja objek -objek  seperti alam, monumental, atau lainnya.

“Didalam sistem perdagangan tradisional juga bisa dikembangkan sebagai objek wisata, kita di Bintuni punya potensi besar, karena pernah saya dengar bahwa di Bintuni dari mulai akar, batang dan adun ini bisa menjadi sumber kehidupan dan mengjidupi kita, seperti pohon Manggrove,” ujarnya.

Bupati mengatakan tempat pasar kuliner ini harus berfungsi sebagai tempat yang menghasilkan ekonomi masyarakat.

“Saya ucapkan terima kasih kepada bupati periode lalu yang sudah membangun tempat ini, setelah saya jadi bupati saya akan perbaiki, rawat,  karena ini aset negara, tempat ini harus berfungsi, dan kekurangannya kita akan benahi,” kata bupati lagi.

Orang nomor satu di kabupaten dengan luas hutan Manggrove terbesar di Asia Tenggara ini berharap kepada ibu -ibu, mama -mama Orang Asli Papua supaya terus berinovasi menciptakan produk -produk khas Bintuni.

“Pada Bulan April 2018 akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan inovasi daerah provinsi, mama -mama siap sudah, dan membuka dagangan di Pasar Kuliner ini, biar tamu -tamu datang kita arahkan ke sini,” harap bupati. (art)

Leave a Reply

%d bloggers like this: