Liputan 6.com

Kasus Deiyai, Kapolri tuding ada agenda politik kelompok tertentu

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian menuding, kasus penembakan yang menewaskan warga sipil di Kabupaten Deiyai Papua, telah ditunggangi agenda politik kelompok tertentu.

“Arahnya sudah kami ketahui dan semua informasi seperti itu sengaja dieksploitasi dalam rangka mengenduskan agenda politik Papua yang saat ini menjadi hangat di dunia internasional,” ujar Tito saat berkunjung ke Manokwari Minggu.

Dia mengatakan, dalam kasus seperti ini, ada dua hal yang perlu diketahui masyarakat, yaitu adanya aksi spontanitas pembelaan diri polisi dan aksi by design  alias setingan oknum tertentu yang sengaja memanfaatkan situasi dengan agenda politiknya.

Karenanya, dalam kasus ini, pihaknya tak bisa serta-merta menerima laporan atau aduan masyarakat tentang adanya dugaan pelanggaran HAM oleh oknum anggota Polri.

“Tetapi, kita akan lakukan investigasi dengan melibatkan langsung Komnas HAM RI dan Komnas HAM di Jayapura. Tim dari Mabes sudah turun untuk membantu Polda Papua melakukan investigasi di Deiyai,” pungkasnya. (tnj/*)

Tinggalkan Balasan