Pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS oleh PGN terhadap karyawan mereka di Kota Sorong kemarin.
Pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS oleh PGN terhadap karyawan mereka di Kota Sorong kemarin.

Kasus HIV/AIDS di Manokwari Terus Meningkat

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari, menilai sejauh ini peran serta LSM yang bergerak dalam Advokasi ODHA (Orang Dengan HIV/Aids) di Kabupaten Manokwari telah berjalan maksimal dan terarah.

Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya angka temuan ODHA di Kabupaten Manokwari dari tahun ke tahun.

Saat ini hampir di setiap puskesmas telah membuka layanan pemeriksaan kesehatan khususnya HIV/Aids, mengingat dari data yang diperoleh setiap tahunnya terus meningkat. Dengan pola Gunung Es, Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari meyakini kedepan temuan tersebut dapat dicapainya.

Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Manokwari, drg.Hendry Sembiring mengatakan, meski demikian Dinkes menyakni bahwa di Kabupaten Manokwari masih terdapat sebagian kecil ODHA yang belum memberanikan dirinya untuk diperiksa oleh para petugas medis yang telah disiapkan.

Dikatakan, meningkatnya kesadaran masyarakat dalam memeriksakan dirinya dari gangguan penyakit tersebut juga dapat dilihat dari permintaan obat yang dilakukan oleh Pihak Puskesmas kepada pihak RSUD.

“Selama ini ketersediaan obat ARV masih mencukupi, dan akses yang diperoleh ODHA untuk mendapat obat ARV juga cukup mudah karena sudah tersedia di Puskesmas karena telah disiapkan sesuai jumlah ODHA yang terdata, mengingat stok ARV di setiap puskesmas didapatkan melalui prosedur permintaan yang dilakukan sesuai SIHA atau jumlah pasien,”ujar Sembiring.

Meski demikian, Sembiring juga mengakui kendala terbesar dari para ODHA dalam memperoleh obat ARV tersebut terletak pada sulitnya transportasi yang diperolehnya  ke puskesmas maupun RSUD.

“Namun kami tidak tinggal diam kami terus melakukan sosialisasi kepada mereka melalui kerjasama dengan LSM maupun KPA yang ada di Kabupaten Manokwari,” ungkap Sembiring.

Dari data yang diperoleh, previlensi HIV/Aids  di Kabupaten Manokwari hingga bulan Agustus lalu sebanyak 1.445 kasus yang terdiri dari 646 kasus HIV dan 799 Kasus AIDS.  Terperinci kasus HIV yang dilami kaum pria sebanyak 261 sedangkan untuk kaum wanita sebanyak 385.

Sedangkan untuk kasus AIDS pada kaum pria sebanyak 397 dan untuk kaum wanita sebanyak 787, dimana jumlah tersebut merupakan jumlah total kasus yang terdapat oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Manokwari sejak Tahun 2002 hingga tahun 2016.

Untuk kasus HIV AIDS di tahun 2016 hingga bulan Agustus tercata telah ditemukan sebanyak 151 kasus, yang terbagi dari kasus HIV sebanyak 41 dan kasus Aids sebanyak 110 orang. (ACS)

Tinggalkan Balasan