ILUSTRASI KASUS KORUPSI

Kasus Korupsi Dishub Bintuni, Polisi Periksa Saksi Tangguh LNG

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Satuan Reskrim Tindak Pidana Khusus Polres Teluk Bintuni, hingga saat ini belum menetapkan satu pun tersangka dalam kasus dugaan korupsi di Dinas Perhubungan Teluk Bintuni pada tahun anggaran 2012-2014 yang diduga merugikan negara senilai Rp. 30 Miliar.

Kasat Reskrim Polres Teluk Bintuni, AKP. A.R. Manurung, Jumat (6/2/2015) menjelaskan, penetapan tersangka belum bisa dilakukan, sebab penyidik Polres Teluk Bintuni masih memeriksa sejumlah saksi yang berada di LNG Tangguh, Distrik Babo.

“Nanti jika pemeriksaan saksi di LNG Tangguh sudah rampung, baru polisi tetapkan siapa tersangka dibalik kasus dugaan korupsi penyelewengan dana di Dinas Perhubungan Teluk Bintuni,” janji Manurung.

Manurung mengaku meski penyidik Reskrim bagian Tindak Pidana Khusus (Tipidsus) sudah mengantongi calon tersangka di balik kasus ini, namun belum ada bukti kuat untuk menjerat para tersangka, sehingga diputuskan usai pemeriksaan saksi di LNG Tangguh di Distrik Babo, barulah penyidik menetapkan tersangka.       Penyidik masih mengumpulkan bukti tambahan untuk memperkuat 2 alat bukti yang sudah dimiliki penyidik saat ini.

“Pemeriksaan terhadap sejumlah saksi di LNG Tangguh masih terus dilakukan. Dalam pemeriksaan saksi juga akan dilakukan penyitaan sejumlah aset yang di duga merupakan hasil dugaan korupsi,” ungkap mantan Kaur Reskrim Polres Manokwari.

Manurung menegaskan, hasil pelidikan sementara, polisi sudah mengincar 3 calon tersangka dugaan korupsi di Dinas Perhubungan Teluk Bintuni, namun ketiga calon tersebut masih dalam proses pemeriksaan.

“Kami belum bisa menetapkan tersangka dalam kasus ini, meski tiga calon tersangka sudah menjadi incaran penyidik, namun ketiga calon tersebut masih dirahasiakan, nanti akan dipublikasikan jika ketiga calon tersangka ini sudah ditetapkan sebagai tersangka,” tegasnya sembari memastikan kasus ini akan naik hingga proses persidangan di Pengadilan Tipikor Papua Barat. |TAKDIR

Tinggalkan Balasan