Ilustrasi-Korupsi-Swasembada-Sapi

KASUS SAPI: Polisi Endus Keterlibatan Kadis Peternakan Kaimana

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Kaimana diduga terlibat dalam dugaan korupsi swasembada sapi tahun anggaran 2012. Dugaan ini didapat dari hasil pengembangan pemeriksaan kasus tersebut yang menyeret Kepala Dinas Peternakan Papua Barat Harry T Uhi.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Manokwari Ajun Komisaris Polisi Tommy H Pontororing mengatakan, kadis peternakan Kaimana diduga terlibat karena ada temuan kelompok peternak fiktif dalam swasembada sapi di daerah tersebut.

“Yang berperan dalam pekerjaan fiktif ini adalah kepala Dinas Kabupaten Kaimana. Ini yang akan kami akan naikan statusnya sebagai tersangka atau belum, tapi dari hasilnya itu fiktif karena terdapat 1 miliar yang total loss,” ungkap Tommy kepada wartawan di Manokwari, Senin (21/9).

Selain soal dugaan keterlibatan Kadis Peternakan Kaimana, ia menyatakan, pihaknya kini tinggal menunggu hasil perhitungan kerugian negara untuk melimpahkan berkas Harry dan penjabat pembuat keputusan Dinas Peternakan Papua Barat Ruben J Rumere, tersangka dugaan korupsi swasembada sapi 2012, untuk dilimpahkan ke Kejari Manokwari.

“Kalau sudah selesai pemeriksaan kerugian negara dari BPKP, maka berkas secepatnya akan kita limpahkan tahap I (ke Kejari Manokwari),”ujarnya. “Secara umum masih ada tambahan-tambahan kerugian negara inilah yang masih dihitung ulang tambahannya,” jelasnya. | ADITH SETYAWAN