Ilustrasi. Int

KASUS TPS 01 KERNEY: Polisi Tetapkan 1 Tersangka

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Polres Manokwari telah menetapkan satu orang tersangka dibalik kasus pencoblosan surat suara sebelum Pilkada di TPS 01 Kampung di Kerney Distrik Masni yang terjadi, Rabu (9/12) lalu.

Tersangka tersebut beriinisial SM yang merupakan salah satu tokoh masyatakat dari kampung Kerney. Ia kini telah ditahan untuk kepentingan pemeriksaan lanjutan.

Kepala Satuan Tugas Gakumdu Polres Manokwari, Ajun Komisaris Polisi Hengky K Abadi mengatakan tersangka tersebut dijerat dengan pasal 178 Undang-Undang Pilkada.

“Saat ini yang bersangkutan sudah kami amankan di Mapolres,” ucap Hengky yang juga adalah Kepala Satuan Reserse Dan Kriminal Polres Manokwari ini, kemarin siang.

SM ditetapkan sebagai tersangka berdasar keterangan sejumlah saksi yang belum lama ini ikut diamankan di Mapolres Manokwari pasca temuan kasus tersebut.

Hengky mengatakan, selain menggunakan UU Pilkada, tersangka juga akan dijerat dengan pasal 151 KUHP Pidana Umum. Pasal itu menyatakan bahwa orang yang sengaja memakai nama orang Lain untuk ikut dalam pemilihan berdasarkan aturan-aturan umum, diancam dengan pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan.

Rabu dinihari lalu, (9/12), 360 surat suara di TPS 01 Kerney ditemukan telah dicoblos sebelum pemungutan suara. Akibat temuan itu 11 orang sempat tahan. Mereka adalah petugas KPPS, Linmas dan tokoh kampung setempat.

Akibat kasus ini Panwaslu menyatakan dilakukan pemungutan suara ulang. |ADITH SETYAWAN