Ilustrasi. Int

KASUS TPS BINIRAU: Kawanan Mahasiswa Mendekam di Sel

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Tiga mahasiswa yang tertangkap mengantongi 16 formulir C6 atau undangan memilih orang lain, saat pemungutan suara Pilkada Manokwari, Rabu (9/12) lalu, telah mendekam di tahanan Mapolres Manokwari.

Kepala Satuan Tugas Gakumdu Polres Manokwari, Ajun Komisaris Polisi Hengky K Abadi, mengatakan, ketiga mahasiswa berinisial M, S dan B tersebut akan dijerat dengan sejumlah pasal.

“Yakni pasal 178 Undang-Undang Pilkada serta pasal 151 KUHP,” singkat Hengky kepada wartawan siang kemarin.

Hengky mengatakan ketiga mahasiswa itu dalam pemeriksaan mengaku telah mencoblos di TPS Binerau, Kelurahan Wosi, menggunakan 16 formulir yang mereka kantongi saat itu.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Manokwari ini mengatakan, tidak akan berhenti pada ketiga mahasiswa itu, tapi akan melanjutkan proses untuk membidik orang dibalik aksi mereka.

Rabu (9/12) lalu, tiga mahasiswa tersebut terpantau petugas Panwas TPS 01 Binirau telah berulang kali masuk TPS untuk mencoblos.

Karena curiga, petugas akhirnya memeriksa mereka dan mendapati 16 undangan memilih milik orang lain. Kasus ini kemudian dilaporkan ke polisi, dan akhirnya mereka seret ke kantor polisi hari itu juga. |ADITH SETYAWAN