Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol. Royke Lumowa.
Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol. Royke Lumowa.

Kawal Pilkada, Polda Papua Barat Siapkan 3000 Pasukan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Barat (PB) menyipakan 3000 pasukan untuk mengawal Pemilihan Kepala Daearah (Pilkada) Gubernur dan Wakil  Gubernur.

Kapolda PB Brigjen Pol Royke Lumowa, menyatakan, pihaknya telah menyiapkan lebih dari 3000 personil untuk mengamankan Pilkada serentak di 13 Kabupaten/Kota.

“Kami telah siapkan 3000 pasukan yang akan ditempatakan untuk mengawal jalannya Pilkada ini,” katanya usai memimpin apel pasukan operasi “Mantap Praja Mansinam” untuk mengamankan seluruh tahapan pilkada di daerah, kemarin.

Lumowa menyebutkan, bahwa ia berencana akan kembali mengajukan penambahan pasukan antara 300 hingga 400 personil dari Markas Besar Polri. Hal itu dilakukan untuk memperkuat pengamanan di daerah-daerah yang dinilai memiliki tingkat kerawanan tinggi.

Meski demikian, Ia mengakui bahwa ruang konflik pada gelaran Pilkada masih akan menjadi soal. Oleh karena itu piaknya memiliki keyakinan bahwa dapat menutup cela – cela tersebut denga giat menyuarakan Kamtibmas pada tingkat daerah hingga distrik dan kampung.

“Ini Pekerjaan Rumah kami (Polisi red) yang harus bias kami pecahakn sehingga Pilkada kita bisa berjalnyan aman, damai, jujur dan bersih. Karean itu jjaran kita tdak pernah bosan melakukan pendekatan dengan tokoh – tokoh masyarakat,” tandasnya.

Untuk itu, tambah dia, mengawali tahapan kampanye ini, Polda PB, menggelar pasukan operasi “Mantap Praja Mansinam” untuk mengamankan seluruh tahapan pilkada di daerah tersebut.

Diketahui, Pemilihan gubernur dan wakil gubernur PB di ikuti oleh tiga pasangan calon. Yakni Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani dengan nomor urut 1, Irene Manibuy-Abdullah Manaray nomor urut 2 dan pasangan Stepanus Malak-Ali Hindom nomor urut 3. (IBN)

Tinggalkan Balasan