Kawasan Hutan Konservasi Gunung Meja, Manokwari.

Kawasan Hutan Wisata Gunung Meja Jangan Dijadikan Tempat Sampah

MANOKWARI, Cahayapapua.com——  Pelaksanaan Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manokwari, Ruland Sarwom mengatakan, sebagai salah satu wisata alam yang berada di tengah Kota Manokwari, maka kawasan wisata Hutan Lindung Gunung Meja harus bisa dikelola dan dijaga secara baik.

Mengingat selain difungsikan sebagai tempat wisata, hutan tersebut juga merupakan paru-paru ibukota Provinsi Papua Barat, yakni Kabupaten Manokwari dan merupakan satu-satunya hutan alami yang tumbuh ditengah jantung perkotaan di Papua Barat.

Dikatakan Ruland, saat ini kawasan hutan tersebut bukan semata-mata tanggungjawab pemerintah melalui dinas atau instansi teknis terkait, namun hutan tersebut perlu dijaga oleh masyarakat setempat.

Hal ini ditegaskannya, mengingat sering kali hutan wisata Gunung Meja menjadi lokasi pembuangan sampah oleh oknum-oknum tak bertanggungjawab.

“Kalau kita lihat wisata Gunung Meja ini merupakan wisata yang perlu kita jaga bersama dan perlu ada satu regulasi yang mengatur itu, karena kita tidak bisa menutup mata bahwa pembangunan kian hari terus meningkat,”ucapnya.

Dirinya juga menjelaskan, perhatian hutan wisata tersebut sudah berulang kali dibahas bersama baik dari pemerintah Provinsi Papua Barat hingga lembaga-lembaga terkait.

“Hutan wisata ini harus ditangani oleh beberapa instansi tidak hanya satu instansi, sehingga solusi kedepannya perlindungan terhadap hutan ini seperti apa,”jelasnya.

Dijelaskan, dari sisi pariwisata terdapat beberapa situs sejarah yang bisa diangkat sebagai salah satu destinasi wisata yang dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi kawasan tersebut, terlebih dalam hutan tersebut masih banyak spesies flora dan fauna yang belum terekspos.

“Jadi saya mau mengimbau untuk jangan ada lagi yang membuang sampah di kawasan tersebut, karena itu sama dengan mematikan wisata di hutan itu,” pungkasnya. (ACS)

Tinggalkan Balasan