Ilustrasi Pencurian

Kayu Dicuri, Masyarakat Adat Melapor ke Polisi

SORONG, CAHAYAPAPUA.com- Pohon ditebang dan diolah menjadi Kayu olahan jenis Merbau dicuri, akhirnya Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Malamoi melaporkan kepada Polres Sorong.

Ketua LMA Malamoi, Silas Onge Kalami.SH.MH saat ditemui, Selasa (1/12/2015) di kantor Sekertariat LMA Malamoi di Aimas, menyampaikan, kejadian penebangan pohon, dan diolah menjadi kayu olahan kemudian dijual.

“Kejadian penebangannya sudah berlangsung beberapa bulan yang lalu, kami sudah mengantongi pelaku penebangan yang tanpa ijin serta sudah di pasang pita Polisi Line oleh anggota Polsek setempat yakni, di Makbon, akan tetapi kayu tersebut telah dijual di Tampa Garam, diduga di tempatnya LS, ”terang Silas Kalami.

Dikatakan Silas Kalami bahwa pelaku penebangan tanpa ijin ini kakak beradik, dan berkas mereka berdua sedang diproses di Mapolres Sorong, tepatnya di unit Reksrim.

“Kami dari pihak LMA dari awal mendapat laporan dari masyarakat, kemudian LMA turun lapangan dengan menindaklanjuti laporan kepada Polsek setempat. Saat itu, anggota Polsek langsung mencari atau lacak pelaku penebangan pohon yang berdekatan dengan jalan raya,” jelas Silas.

“Kami pada prinsipnya, menunggu proses hukum dari unit Reskrim kepada kedua pelaku pembalakan hutan yang tanpa ijin resmi tersebut, sebab mereka tidak kantongi ijin dari dinas kehutanan, untuk mengelaola kayu, “ ungkap Silas Kalami lagi.|NASIR|EDITOR : BUSTAM