Ilustrasi

Kedapatan Beraksi di Pilkada, Kawanan Mahasiswa Dibebaskan

MANOKWARI— Kawanan mahasiswa yang ditangkap dengan 16 lembar undangan memilih atau formulir C6 saat Pilkada, Rabu (9/12) lalu di Kampung Soribo, Kelurahan Sowi, Manokwari Barat, telah dibebaskan, Kamis (10/12).

Kepala Satuan Tugas penegakkan hukum terpadu (GAKUMDU) Pilkada Manokwari Ajun Komisaris Polisi Hengky K Abadi mengatakan, meski telah dibebaskan namun ketiga mahasiswa tersebut dikenakan syarat wajib lapor.

Hengky mengatakan Gakumdu yang terdiri terdiri dari unsur Kepolisian, Kejaksaan dan Panwaslu juga akan terus bekerja untuk menyelesaikan kasus tersebut.

“Jika nantinya memenuhi dua syarat subjektif maupun objektif maka tidak menutup kemungkinan ketiga mahasiswa itu akan ditahan dengan masa tahanan sesuai pasal yang disangkakan,” kata dia kemarin siang.

Tiga mahasiswa tersebut ditangkap sedang membawa 16 formulir C6 atau undangan memilih di Kampung Soribo Wosi Dalam Rabu lalu. Mereka diduga menggunakan formulir tersebut untuk mencoblos kandidat tertentu yang telah dipesan.

“Kalau ranahnya tetap masih didalam pidana, ini yang masih diverifikasi apakah ini masuk dalam pidana Pilkada atau pidana umum. Kami juga masih mendalami motif mereka, termasuk mencari aktor dibalik aksi tersebut,” kata Hengky. |ADITH SETYAWAN

Tinggalkan Balasan