Kehadiran warga asing di Papua Barat diprediksi terus meningkat

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kehadiran warga negara asing (WNA) ke wilayah Provinsi Papua Barat diprediksi akan terus meningkat seiring meningkatnya program pembangunan di daerah ini.

Anggota Panitia Khusus (Pansus) Tenaga Kerja Asing Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPDRI) I Kadek Arimbawa pada pertemuan bersama Wakil Gubernur Papua Barat Mohammad Lakotani di Manokwari, Kamis, mengatakan jumlah investor mancanegara yang masuk ke Papua Barat terus bertambah.

Disisi lain, katanya, pemerintah baik pusat maupun daerah terus menggenjot pengembangan sektor pariwisata. Jumlah wisatawan mancanegara akan terus bertambah, begitupun tenaga kerja asing.

“Semangat warga asing ke Papua tentu akan terus meningkat. Ini akan menjadi tantangan bagi daerah ke depan,” kata Kadek.

Menurutnya, Papua Barat membutuhkan sebuah regulasi yang mengatur tentang prioritas penggunaan tenaga kerja lokal. Disisi lain, pengawasan harus diperketat untuk mengantisipasi penyalahgunaan visa atau ijin kunjungan warga asing.

Dia mengutarakan, pemerintah pusat telah mengeluarkan kebijakan bebas visa untuk memacu peningkatan jumlah wisatawan. Pihaknya tak ingin kebijakan tersebut dimanfaatkan para investor untuk menyelundupkan tenaga kerja ilegal.

Kadek menjelaskan, kehadiran Pansus DPDRI ke Manokwari untuk menggali kendala daerah dalam melakukan pengawasan orang asing.

“Kami tidak hendak mencari kesalahan pemerintah pusat maupun daerah. Kami mau tahu kendala didaerah terutama dalam hal pengawasan, diharapkan tidak ada tumpang tindih antara pusat dan daerah,” sebutnya.

Pemerintah pusat, lanjutnya telah memberi kewenangan kepada daerah untuk melakukan pengawasan warga asing. Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) pun telah terbentuk dihampir setiap daerah.

Diharapkan, seluruh instansi yang tergabung dalam timpora bekerja secara sinergi. Sehingga pengawasan berlangsung optimal. (ibn)

Tinggalkan Balasan