Logo Kejaksaan. Ist

Kejaksaan Negeri akan Dibangun di Bintuni

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com Kejaksaan Agung akan membentuk lembaga yudikatif berupa Kejaksaan Negeri di Kabupaten Teluk Bintuni, untuk menopang pendirian kantor Kejaksaan Tinggi di Papua Barat.

Kepala Kejaksaan Negeri Manokwari Agus Joko Susilo mengatakan, pembentukan Kejaksaan Tinggi harus ditopang sedikitnya lima Kejaksaan Negeri. Sementara Papua Barat baru memiliki tiga.

Selain Teluk Bintuni, kata dia, Kejari pun akan dibentuk di wilayah Sorong untuk melengkapi jumlah kantor Kejari yang saat ini baru ada di Kabupaten Manokwari, Kota Sorong dan  Fakfak.

“Sesuai wilayah kerja, kami membantu mengupayakan pembentukan kantor Kejari di Teluk Bintuni. Di wilayah Sorong menjadi kewenangan dan tugas Kejaksaan Kota Sorong,” katanya, Senin (18/7) lalu.

Terkait pembentukan Kejari Teluk Bintuni, kata dia, koordinasi sudah dilakukan dengan pemerintah daerah setempat. Pemerintah pun sudah menyiapkan lahan pembangunan kantor tersebut.

Agus berharap, pembangunan gedung kantor  Kejari Teluk Bintuni sudah dapat dilakukan pada tahun 2017 mendatang.

“Kalau untuk lahan kantor Kejaksaan Tinggi Papua Barat sudah disiapkan sama pemerintah provinsi dan siap. Cuma pembentukan menunggu hingga Papua Barat memiliki lima kantor Kejari,” kata dia lagi.

Terkait rencana pengisian personil Jaksa di Kejari Bintuni kedepan, Agus belum mengetahuinya. Menurutnya hal itu menjadi kewenangan Kejaksaan Agung.

Menurut dia, personil di Kejaksaan Negeri Manokwari masih minim dan membutuhkan penambahan, sebab, selain menangani kasus yang ditangani sendiri Kejari saat ini masih menangani kasus yang dilimpahkan Kejaksaan Tinggi Papua, Polda Papua Barat, Polres Manokwari, Teluk Wondama dan Teluk Bintuni.

“Jaksa kita baru sepuluh orang, saat sidang kita betul-betul harus peras waktu tenaga. Kita ingin bekerja maksimal menangani kasus baru tapi kasus yang dilimpahkan dari Kejati, Polda dan Polres sudah banyak,”pungkasnya. (IBN)

 

Tinggalkan Balasan