Irvan Bilaleya

Kejaksaan Tingkatkan Proses Hukum ke Tahap Penyelidikan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kejaksaan Negeri (Kejari) Manokwari meningkatkan proses hukum dugaan korupsi penyalahgunaan dana Paskibra 2009 di Dinas Pendidikan Papua Barat ke tahap penyelidikan.

Kepala Kejaksaan Negeri Manokwari, Agus Joko Santoso, melalui Kepala Seksi Intelijen, Irvan Bilaleya,  menjelaskan,  peningkatan status tersebut dilakukan setelah pihaknya merampungkan pengumpulan bahan keterangan dan data (Pulbaket-puldata).

“Dari hasil pulbaket dan puldata ada indikasi kuat terjadi penyimpangan,” kata Irvan, Kamis (23/3).

Dalam kasus ini, kejaksaan telah memeriksa Kepala Disdik PB, Bernada Henan dan Mantan Plt. Sekda Papua Barat, Ishak L. Hallatu, Rabu lalu.  Kejaksaan mengklaim bukti awal perbuatan melawan hukum pada kasus tersebut telah ada.

Sementara itu Bernada Henan yang ditemui usai diperiksa oleh penyidik kejaksaan menerangkan bahwa  hingga saat ini, Disdik belum mendapatkan laporan pertanggung jawaban pengunaan dana Paskibra tersebut.

“Dana untuk kegiatan Paskibra 2009 silam dengan  nilai Rp 750 juta sudah kami serahkan ke Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Papua Barat selaku pelaksana kegiatan saat itu. Tapi dana yang diserahkan tersebut, tidak disertai laporan pertanggung jawaban,” tuturnya. (ONE)

Tinggalkan Balasan