Kejaksaan Tunggu Penyerahan Berkas Tahap I Korupsi Sapi

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Pasca Surat Perintah Dimulainya Penyidikan (SPDP) di terima penyidik Kejaksaan Negeri Manokwari dari penyidik Polres Manokwari, kini pihak penyidik Kejaksaan menunggu penyerahan berkas tahap I dari penyidik kepolisian.

“Kami dari kejaksaan sifatnya menunggu berkas dari penyidik Polres Manokwari untuk di serahkan ke kejaksaan melalui Jaksa Penuntut Umum (JPU), namun setelah berkas tahap I diserahkan, kejaksaan akan mempelajari dulu berkas tersebut, jika ada yang kurang, maka berkas akan dikembalikan, bersamaan dengan petunjuk diberikan kejaksaan,” ungkap Kajari Manokwari, Timbul Tamba, SH yang dikonfirmasi wartawan melalui Kasi Pidsus, Jhon Ilef M, SH, via ponsel, Minggu (1/2/2015).

Jhon mengaku, SPDP kedua tersangka sudah diterima kejaksaan, setelah SPDP dikirim, kejaksaan lalu memberikan tenggat waktu pada penyidik sekitar 14 hari untuk memberikan laporan penyidikan, namun jika waktu diberikan masih kurang, maka akan ditambah lagi waktunya dalam proses penyidikan.

Kasus dugaan korupsi swasembada sapi di Dinas Peternakan Papua Barat Tahun 2012 dari hasil investigasi merugikan negara senilai Rp. 46 Miliar. Kasus ini menyeret Kepala Dinas Papua Barat, Hary T. Uhi dan Ruben J. Rumere sebagai tersangka.

Sebelumnya, Kapolres Manokwari, AKBP. Jhon Edison Isir, S.IK., MTCP yang dikonformasi melalui Kasat Reskrim, AKP. Tommy H. Pontororing, SH mengaku  berkas perkara kedua tersangka dalam penyusunan di penyidik. Selanjutnya, untuk melengkapi berkas penyerahan ke kejaksaan, sejumah penyidik dikirim ke luar daerah untuk menyelidiki lokasi penyerahan sapi, diantaranya Kabupaten Fak-fak dan Kabupaten Sorong.

Tommy  berjanji, sekembali penyidik dari luar daerah, berkas akan disusun dan akan diserahkan ke Kejaksaan Negeri Manokwari untuk diperiksa, sambil pula menunggu petunjuk yang jelas dalam pengembalian berkas. |TAKDIR

Tinggalkan Balasan