Jhon Ilef Malasam

Kejari Manokwari Klaim Selamatkan Uang Negara Rp. 12 Miliar

MANOKWARI, Cahayapapua.com—- Kejaksaan Negeri Manokwari mengklaim berhasil mengembalikan kerugian negara dari hasil penanganan kasus korupsi selama tahun 2015 sebesar Rp. 12 miliar lebih.

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Manokwari Jhon Ilef Malasam mengatakan, kerugian negara yang berhasil dikembalikan tersebut berasal dari penanganan kasus korupsi besar maupun kecil yang telah berstatus inkrah.

“Pengembalian kerugian Negara meliputi Kasus Otoritas Bandara Rendani, Pembangunan Jalan Windesi, Pembangunan Gedung MRP Papua Barat, Pengadaan Buku di Dinas Pendidikan Papua Barat, dan yang paling besar pada kasus Dana Bagi Hasil Provinsi Papua Barat,” kata Jhon Ilef kepada wartawan kemarin.

Berikut daftar asal kerugian negara dalam jumlahnya relatif kecil yang berhasil diselamatkan dari para terpidana yakni Simson Saiba Rp 50 juta, Lewi Sadarafle Rp.15 juta, Sitrus Darul Mukama Rp 20 Juta, Yunus Boari Rp 3 Juta dan Simson Manapapami Rp.7 Juta.

Untuk kasus yang kerugiannya relatife besar berasal dari Samson Laulang Rp 564 juta dan Marthen Luther Rumadas Rp.11,5 miliar lebih. “Total pengembalian kerugian Negara Rp 12.2 lebih,” kata Ilef di ruang kerjanya.

Selain mengamankan kerugian negara, para terpidana dalam tiap kasus juga diwajibkan membayar denda total mencapai Rp. 859 juta. Denda paling besar berasal dari Marthin Luther Rumadas Rp. 250 juta dan Surjanto Rp 200 juta. (MAR)

Tinggalkan Balasan