Ilustrasi

Kejari Teliti Berkas Dugaan Gratifikasi Dinas Pendidikan Teluk Wondama

MANOKWARI, Cahayapapua.com—– Kejaksaan Negeri Manokwari sudah menerima berkas kasus dugaan gratifikasi atau suap pelaksanaan ujian mahasiswa Universitas Negeri Manado (Unisma) yang dilimpahkan Polres Teluk Wondama.

Kepala Seksi Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Manokwari Jhon Ilef Malasam, Kamis (19/5), mengatakan, pada awal Mei lalu pihaknya sudah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari Polres Teluk Wondama atas kasus tersebut.

Dia menjelaskan, terkait kegiatan tersebut Pemerintah Kabupaten Teluk Wondama telah menyiapkan dana pada APBD bagi ratusan guru di daerah itu untuk melanjutkan pendidikan Unisma. Namun, diduga panitia penerimaan mahasiswa melakukan pungutan kepada mahasiswa dengan nilai antara Rp 5 hingga 7 juta perorang.

“Kasus ini dilakukan secara berjama’ah oleh panitia yang dibentuk oleh Dinas Pendidikan Teluk Wondama. Tersangka utama berinisial AB selaku ketua panitia, dan rekan-rekanya. Saat ini berkas masih dalam tahap penelitian,” kata dia.

Diketahui AB saat ini juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Teluk Wondama bersama beberapa rekan Panitia”.

Kapolres Teluk Wondama AKBP Frits Sukoi pada wawancara sebelumnya mengakaui bahwa pihaknya sudah merlimpahkan berkas kasus tersebut ke Kejaksaan Negeri Manokwari. Polisi menunggu hasil pemeriksaan berkas tersebut. “Saat ini kita terus melakukan koordinasi dengan jaksa,” ujarnya.

Dia menjelaskan terkait program pendidikan tersebut, sudah ada nota kesepahaman antara Pemerintah Teluk Wondama dengan Unisma. Nota kesepahaman itu terkait pembiayaan perkuliahan.

Dana itu dialokasikan melalui APBD Teluk Wondama Tahun 2015. ” Dalam perjalanan masih ada pungutan yang dilakukan oleh Panitia,” tuturnya.

Dia menyebutkan, kepanitian program pendidikan ini melibatkan 15 orang. Lima orang diantaranya terindikasi serta bisa menjadi tersangka. “Termasuk salah satunya Ketua Panitia yang saat ini menjabat Kepala Dinas Pendidikan Teluk Wondama,” ungkapnya. (MAR)

Tinggalkan Balasan