Komisi Pemilihan Umum

Kelembagaan KPU Mansel dan Pegaf Belum Terisi

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com—- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat mendesak pemerintah kabupaten Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak  segera mengajukan nama-nama pegawai yang akan mengisi struktur kesekretariatan KPU di kabupaten tersebut.

Hal itu dilakukan agar, uji kelayakan dan kepatutan (fit and propertes) terhadap mereka dapat segera dilakukan. Saat ini kelembagaan KPU di Mansel maupun Pegaf telah ada namun struktur dari sekretaris, kepala bagian hingga staf belum terisi.

Sekretaris KPU PB, Thamrin Payapo mengatakan pelantikan pejabat sekretariat KPU Mansel dan Pegaf harus segera dilaksanakan, mengingat panitia ad hoc penyelenggara pemilu tingkat distrik, kelurahan hingga KPPS  harus terbentuk menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 desember mendatang

Sejuah ini lanjut Thamrin KPU PB siap melaksanakan tahapan Pilkada di dua daerah otonomi baru itu.”Kami berharap nama-nama segera diserahkan, supaya nama-nama itu kami ajukan kepada KPU pusat,” kata Thamrin kepada Cahaya Papua, Selasa (28/4/2015).

Saat ini berbagai persiapan dilakukan KPU PB, diantaranya mempersiapkan lembaga kesekretariatan KPU Mansel dan Pegaf. Setelah kesekretaritan terbentuk, KPU akan segera membuka pendaftaran seleksi calon penyelenggara ad hoc. Keberadaan penyelenggara ad hoc, harus segera agar pemutahiran data dapat dilaksanakan sesuai agenda yang ditetapkan KPU pusat melalui peraturan KPU nomor 2/2015.

Seperti diketahui, saat ini KPU difinitif di dua kabupaten itu belum terbentuk. Sesuai amanat Undang-undang nomor 8/2015 tentang Pilkada dan PKPU nomor 2/2015 tentang tahapan Pilkada, tahapan Pilkada di kabupaten pemekaran dilaksanakan oleh KPU dari Kabupaten induk, jika di Kabupaten induk tidak mengikuti Pilkada Serentak.

“ Namun karena Manokwari pun melaksanakan Pilkada sehingga tahapan Pilkada di Mansel dan Pegaf dilaksanakan langsung oleh KPU provinsi,” imbuh Thamrin. (ICL)