Hendrik Rico Tetelepta

WASIOR, Cahayapapua.com— Dalam hal pengelolaan dana desa, hampir semua kampung di Kabupaten Teluk Wondama sejauh ini masih sangat bergantung pada peran petugas pendamping.

Nyaris semua bagian mulai dari tahapan perencanaan hingga penyusunan laporan pertanggungjawaban dikerjakan oleh pendamping dana desa. Ini terjadi karena belum memadainya sumber daya manusia (SDM) aparatur di tingkat kampung.

Oleh sebab itu menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (PMK) Hendrik Rico Tetelepta,  dari sekarang setiap kampung perlu mempersiapkan tenaga lokal yang mampu menguasai semua aspek terkait pengelolaan dana desa agar bisa menggantikan peran pendamping.

Salah satu caranya adalah dengan memperkuat kapasitas dan kompetensi aparatur kampung melalui pelatihan, kursus, bimtek atau semacamnya.

“ Ini sangat penting supaya jangan hanya bersandar ke pendamping. Misalnya untuk buat RAB. Karena pendamping hanya sementara saja. Jadi perlu ada penyiapan SDM di kampung untuk gantikan pendamping,” kata Tetelepta sewaktu membuka kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur kampung distrik Rasiei di aula Dispora di Isei, Jumat (29/9).

Tetelepta berharap dengan adanya dana desa yang cukup besar, setiap kampung bisa melaksanakan pelatihan  secara mandiri tanpa harus menunggu dilakukan oleh instansi terkait di tingkat kabupaten maupun instansi lainnya.

“Memang perlu terus ada pelatihan yang berkelanjutan supaya aparat kampung benar-benar bisa memahami dengan baik. Tapi  ke depan mungkin ada anak-anak muda di kampung yang bisa diberdayakan, itu lebih baik,” ujar Tetelepta.

Terkait pengawasan dana desa, dia berharap semua kepala distrik ikut berperan aktif mengawal pemanfaatan dana desa di wilayahnya masing-masing guna memastikan dana yang cukup besar itu bisa berujung pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

“Pengawasan dana desa ini sangat ketat, mulai dari polisi sampai KPK semua ikut mengawasi jadi saya kasih ingat kepala kampung jangan sampai ada pekerjaan yang fiktif, “pungkas eks kepala distrik ini. (brv)

Leave a Reply