Site LNG Tangguh di Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat.

Kelola PLTG, Papua Barat Siapkan Raperdasus Pembentukan BUMD

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua Barat tengah menyiapkan rancangan peraturan daerah khusus pembentukan Badan Usaha Milik Daerah yang akan dipakai untuk mengelola Pembangkit Listrik Tenaga Gas di Teluk Bintuni.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Papua Barat Yohan Abraham Tulus mengatakan, pemerintah berkepentingan membentuk BUMD karena pemanfaatan energi gas dari LNG Tangguh untuk PLTG harus dikelola dibawah bendera BUMD.

Abraham Tulus menjelaskan, pembentukan BUMD sudah mendapat masukan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui grup diskusi terfokus yang digelar belum lama ini.

“Kami berharap raperdasus pembentukan BUMD ini dapat disetujui oleh DPR Papua Barat sehingga BUMD tersebut dapat terbentuk,” ujar Abraham Tulus kepada pers di ruang kerjanya, Rabu (30/9).

Pemerintah Papua Barat juga telah menandatangani kerjasama dengan Badan Litbang Kementerian ESDM yang bertugas memberikan pendampingan dalam penyusunan dokumen pembentukan BUMD. Dibutuhkan sejumlah dokumen dalam pembentukan BUMD seperti visibility studi, studi kelayakan, skema BUMD dan skema listrik.

Tidak hanya itu, Badan Litbang Kementerian ESDM, lanjut Abraham Tulus, juga akan mendampingi pemerintah Papua Barat dalam penyusunan struktur BUMD, tugas-tugas pokok dewan direksi dan dewan komisaris.

“Pendampingan juga berkaitan dengan operasional BUMD seperti pembangunan fasilitas PLTG, mempersiapkan desain dan pemanfaatan teknologi, lingkup pekerjaan proyek dan ijin-ijin yang diperlukan serta startegi kerja sama dengan mitra usaha BUMD,” terang Abraham Tulus.

Abraham Tulus optimis pengelolaan energi gas dari LNG Tangguh dibawah BUMD nantinya dapat memberikan pasokan listrik kepada seluruh kabupaten kota se Papua Barat sehingga berpengaruh positif terhadap pertumbuhan investasi daerah ini. |RIZALDY