Wakil Gubernur Papua Barat, Irene Manibuy

KEMENHUB GELONTORKAN RP. 1,2 TRILIUN UNTUK TRANSPORTASI PAPUA BARAT

MANOKWARI , CAHAYAPAPUA.com-– Kementerian Perhubungan tahun ini mengalokasikan anggaran Rp. 1.212.461.081.000 kepada Pemerintah Provinsi Papua Barat. Ini untuk mendukung program aksebilitas transportasi di provinsi ke- 31 ini.

Wakil Gubernur Papua Barat, Irene Manibuy, menyatakan anggaran Rp. 1,2 triliun lebih yang bersumber dari DIPA Kementerian Perhubungan itu, diprioritaskan pada subsidi angkutan daerah, penyeberangan perintis, pembangunan fasilitas pelabuhan, peningkatan bandara dan lainnya.

Ia mengatakan, alokasi DIPA sebesar itu yang dialokasikan untuk menunjang program transportasi di Papua Barat itu, masih bisa direvisi sesuai kebutuhan daerah. Untuk itu hingga kini Pemprov Papua Barat masih menyusun rincian kebutuhan untuk disampaikan ke kemenhub pada pekan ini.

“Sekarang modelnya begitu. Sekarang program dari bawah. Ini pendekatan dan pelayanan yang sangat bagus diberikan menteri perhubungan,” ujar Wagub Irene.

Ia menjelaskan fokus kerja kemenhub untuk mendukung program Nawa Cita Presiden Joko Widodo di bidang transportasi, yakni peningkatan keselamatan dan keamanan transportasi, Peningkatan kualitas pelayanan, tata kelola dan regulasi.

Untuk mengimplementasikan 4 fokus kerja tersebut, Kemenhub mengalokasikan anggaran tahun 2016 sebesar Rp 48,46 triliun dengan fokus kerja untuk peningkatan keselamatan dan keamanan transportasi (Rp 12,501 triliun), peningkatan kualitas pelayanan (Rp 5,501 triliun), peningkatan kapasitas (Rp 22,443 triliun), dan tata kelola dan regulasi/dukungan manajemen (Rp 8,020 triliun).

Dari jumlah tersebut, Provinsi Papua Barat mendapat alokasi DIPA Rp1.212.461.081.000. Antara lain subsidi angkutan darat dan penyeberangan perintis, pembangunan fasilitas pelabuhan,bandara dan lainnya. | RIZALDY|EDITOR : BUSTAM