Divisi pengawasan Panwaslu Teluk Bintuni, Daniel Balubun.
Divisi pengawasan Panwaslu Teluk Bintuni, Daniel Balubun.

Kendala Anggaran, 72 Petugas Panwas Distrik Baru Dilantik

BINTUNI, Cahayapapua.com— Tahapan perekrutan dan pelantikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwas) tingkat Distrik di Kabupaten Teluk Bintuni baru selesai akhir Oktober 2016. Total Panwas distrik yang dilantik sebanyak 72 petugas. Mereka ini akan ditugaskan di 24 distrik.

Divisi pengawasan Panwaslu Teluk Bintuni, Daniel Balubun Selasa (1/11/2016) mengatakan konsekuensi dari pembentukan Panwas distrik yaitu apabila petugas Panwas distrik dilantik, maka honor dan tunjangan lainnya harus diberikan. “Keterlambatan ini karena sumber dana baru diserahkan dari Provinsi, sehingga baru pelantikan Sabtu 29 Oktober 2016 lalu,” aku Balubun saat ditemui Cahaya Papua di Kantor KPU.

Menurut dia proses pembentukan Panwas Distrik belum terlambat, karena tahapan di KPU kabupaten masih penetapan DPS (Daftar pemilih Sementara). Selanjutnya masih akan dikembalikan ke distrik untuk diumumkan.

“DPS ini sedang ditetapkan dan akan dikembalikan ke distrik untuk diumumkan. Disitulah petugas Panwas distrik akan mulai kerja untuk ikut mengecek bersama-sama petugas PPD dan PPS,” katanya.

Walau belum terbentuk Panwas distrik, pihaknya telah memback-up tugas dari Panwas distrik dalam melaksanakan tugas pengawasan pada saat pleno DPS di beberapa TPS yang ada di wilayah sekitar Kota Bintuni. “Sebatas wilayah itu yang kita awasi, belum semua distrik,” ucapnya.

Terkait kerja 72 petugas Panwas distrik, jelas Balubun, rinciannya per distrik dikirim 3 petugas. Satu orang sebagai ketua dibantu dua anggota yang bertugas sebagai divisi pelanggaran dan pengawasan. “ Sebelum turun ke lapangan petugas akan diberikan bimbingan teknis dan sosialisasi PKPU tentang tahapan pemilihan, berikut penanganan pelanggaran pemilukada,” pungkasnya. (ART)

Tinggalkan Balasan