Kepala BIN Papua Barat Kolonel (T) Robby Setiawan saat menggelar pertemuan dengan tokoh masyarakat, tokoh agama dan kepala suku, Kamis.

Kepala BIN tatap muka dengan Tomas, Toga dan kepala suku

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kepala Badan Intelijen Negara atau BIN Papua Barat menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh masyarakat, para kepala suku dan tokoh agama. Pertemuan Kamis kemarin, berlangsung penuh keakraban serta membahas berbagai hal, termasuk menjaga kerukunan antar umat beragama di ibukota Provinsi Papua Barat.

Kepada wartawan, Kepala BIN Papua Barat Kolonel (T) Robby Setiawan mengatakan, tujuan mengumpulkan para tokoh masyarakat dalam rangka mengawali tugasnya sebagai Kabinda di Papua Barat.

“Kita melakukan koordinasi berbagai hal agar tercipta sinergi dalam menjaga keutuhan Papua Barat terutama Manokwari dalam bingkai NKRI, sekaligus mengawali tugas saya di Papua Barat sebagai Kabinda,” kata Robby Setiawan.

Plt. Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Jaka Mulyanta mengatakan, pertemuan bersama Kabinda Papua Barat dengan tokoh agama, adat, kepala suku yang mendiami Manokwari, merupakan cipta kondisi agar menjaga keamanan bersama terutama tanggung jawab sebagai para kepala suku dalam membantu pemerintah.

“Tujuan kita hanya menjadikan Manokwari rumah bagi semua orang. Artinya siapapun dia dari suku mana dan agama apapun, menjalankan aktivitasnya tanpa ada gangguan keamanan,” kata Jaka Mulyanta.

Catatan media ini, di pertemuan itu dibahas pula mengenai penyakit masyarakat yang berpotensi menimpulkan konflik seperti minuman keras, Narkoba dan kejahatan lainnya.

Kepala fasilitator peserta pertemuan ini berhadap koordinasi jangan hanya dilakukan satu kali, namun diagendakan kontinu guna memudahkan koordinasi antara pemerintah dan tokoh masyarakat. (mar) 

Tinggalkan Balasan