Walikota Jayapura, Benhur Tonimano

Kepala Daerah di Papua Barat Diminta Contohi Walikota Jayapura

SORONG, Cahayapapua.com–– Mantan Koordinator Kelompok Kerja (Pokja) Perempuan, Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Barat, Ruth Osok, menghimbau kepada seluruh kepala daerah di Papua Barat, untuk berkaca ke Walikota Jayapura, Benhur Tonimano.

Menurut dia, sistem pemerintahan yang dilaksanakan Pemkot Jayapura sangatlah baik, seperti halnya penertiban minuman keras (miras) bahkan penertiban data penduduk.

“Pemerintah Kota/Kabupaten di Papua Barat harus berkaca ke Pemerintah Kota Jayapura, pemerintahannya bagus,” ujar Ruth kepada Cahaya Papua, Kamis (14/4).

Ruth menambahkan, alangkah baiknya jika pemerintah kabupaten dapat melakukan studi banding di Jayapura. “Dari pada study banding ke daerah lain di luar Papua, buang-buang anggaran, apa yang dibawa dari sana untuk Papua,” ujar Ruth.

Berbicara menyangkut penerbitan minuman keras, Ruth katakan jika Jayapura lebih dulu melakukannya, karena miras bagi Ruth adalah biang seluruh persoalan kriminal, sehingga tokoh perempuan Papua itu meminta agar pemuda Papua menjauhi minuman keras “Kalau minum-minuman keras untungnya apa dan kalau tidak minum ruginya dimana,” pungkas.

Begitupun dengan pendataan penduduk, menurut Ruth Osok, sistem penataan penduduk yang baru masuk Kota Jayapura berjalan dengan tertib, sehingga masyarakatnya dapat didata mulai dari tingkatan RT sampai ke kelurahan dan distrik.

Pembludakan penduduk tentunya dapat mempengaruhi konstalasi politik di daerah, sehingga pendataan dan penataan penduduk jauh sangat penting. “Penataan penduduk itu penting, di Jayapura sudah lakukan itu jauh sebelumnya,” katanya. (NSR)

Tinggalkan Balasan