Bupati didampingi Asisten II dan Kadis PU bersama pejabat lainnya saat konferensi pers di Ruang Rapat.
Bupati didampingi Asisten II dan Kadis PU bersama pejabat lainnya saat konferensi pers di Ruang Rapat.

Kerjasama Garuda, Tergantung Persetujuan DPRD

KAIMANA, Cahayapapua.com— Bupati Kaimana Drs. Matias Mairuma mengatakan, Pemerintah Daerah akan menyurati DPRD terkait rencana kerjasama Garuda Indonesia untuk melayani rute penerbangan Ambon-Kaimana-Manokwari-Nabire. Jadi atau tidaknya garuda menyinggahi Kaimana tergantung persetujuan DPRD mewakili seluruh masyarakat Kaimana. Pihak Garuda sendiri telah menyatakan kesediaannya untuk mendarat perdana pada awal November 2016. 

Bupati menyampaikan hal ini saat bertemu awak media di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Kaimana, Senin (24/10/2016) lalu. Didampingi sejumlah pejabat kepala SKPD dan Kepala Bagian Lingkup Setkab Kaimana, Bupati katakan, dukungan DPRD berkaitan dengan izin prinsip, dimana akan adanya alokasi dana untuk mendukung operasional pesawat. Menurut Bupati, sesuai perhitungan, total subsidi tidak lebih besar dari biaya perjalanan dinas yang harus dikeluarkan seluruh SKPD setiap tahun.

Bupati juga jelaskan, kerjasama dengan Garuda dilakukan agar akses transportasi dari dan keluar Kaimana lebih lancar dan masyarakat bisa mendapatkan fasilitas pelayanan yang representative serta murah.  Hal lain yang juga menjadi pertimbangan adalah posisi Garuda Indonesia yang merupakan bagian dari anggota sky team, yang diharapkan dapat membantu pemerintah daerah mempromosikan potensi pariwisata Kaimana, terutama Triton ke 1.028 kota di dunia.

“Kalau akses tidak dibuka harga barang pasti mahal. Itulah mengapa saya bertemu garuda, walaupun dengan pendekatan subsidi. Pendekatan subsidi juga berlaku lunak. Kalau kasapitas tempat duduk full, kita tidak usah subsidi. Dan saya sangat yakin bahwa seat akan selalu penuh karena wisatawan akan datang dan pergi untuk melihat Triton. Bagi saya lupakan triton kalau tidak ada garuda karena standar Eropa untuk wisata ke Indonesia itu adalah garuda. Terkait ijin prinsip saya akan menyurat ke DPRD. Kalau DPRD atas nama rakyat menyetujui ya puji Tuhan,” ujar Bupati.

Untuk diketahui, hasil pertemuan antara Pemda Kaimana dengan pihak Garuda pada 1 September 2016 di Gedung Garuda Indonesia dan 27 September 2016 di Hotel Hero Ambon menyebutkan, pihak garuda akan melayani rute Ambon-Kaimana pulang-pergi dengan menyinggahi Manokwari dan Nabire setiap hari. Pendaratan perdana di Bandara Utarum Kaimana direncanakan awal November, dengan jenis pesawat ATR 72-600 berkapasitas 70 penumpang. Kerjasama dengan Pemda akan dilakukan dengan sistim block seat yakni 15 seat setiap hari dengan total subsidi yang ditawarkan kurang lebih 8,9 Miliar per tahun.

Informasi lepas yang diperoleh Cahaya Kaimana menyebutkan, DPRD Kaimana sedang menunggu surat dari Pemerintah Daerah terkait kerjasama dengan garuda. DPRD sendiri memberikan respon positif terhadap niat baik Pemerintah Daerah dalam rangka membantu menjawab kebutuhan sarana transportasi masyarakat. “DPRD menunggu tindaklanjut dari rencana itu,” ujar sumber dimaksud. (ISA)

Tinggalkan Balasan