Kesal Kampungnya Sering Dibuangi Sampah, Warga Blokade Jalan

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Warga Kampung Ayambori, Jumat (9/1/2015), memblokade jalan hutan gunung meja yang merupakan jalan utama antara kampung Sarina Kodim menuju ke kampung Ayambori Distrik Manokwari Timur.

Blokade yang dilakukan sejak pagi hari ini menggunakan puluhan batang pohon dan sampah-sampah yang berada di lokasi sekitar. Blokade ini membuat puluhan kendaraan baik motor dan mobil terpaksa harus berbalik arah.

Warga memblokade jalan tersebut karena kesal lokasi tersebut sering dijadikan sasaran membuag sampah oleh orang yang tidak bertanggunjawab.

Kepala Badan Pertahanan Kampung (Baperkam) Ayambori, Yeremias Mandacan mengatakan bahwa Kampung Ayambori sudah sering menjadi lokasi pembuangan sampah.

“Kami tebang pohon untuk palang jalan (blokade) ini bukan sengaja tapi ada bukti bahwa banyak sampah dibuang di kampung kami,” jelasnya di lokasi kejadian.

Yeremias mengharapkan pejabat pemerintahan  untuk peka terhadap masalah sampah yang terjadi di hutan lindung tersebut, dimana salah satu program yang akan dijalankan untuk kemajuan Manokwari adalah menciptkan Manokwari yang bersih.

Dikesempatan terpisah Kepala Distrik Manokwari Timur, Sarce Meidodga mengatakan bahwa blokade jalan yang dilakukan masyarakat karena masyarakat merasa kesal dan tidak nyaman dengan sampah-sampah yang dibuang di kampung Ayambori.

“Saya menghimbau kepada masyarakat Manokwari agar tidak membuang sampah di kampung Ayambori lagi. Jika kedapatan maka akan kami proses,” kata Sarce.

Sarce Meidodga yang dihubungi, Minggu (11/1/2015), mengatakan, blokade tersebut telah dibuka. |ADITH SETYAWAN

Tinggalkan Balasan