Penghitungan surat suara di salah satu TPS 01 Rasiei Teluk Wondama

Ketua KPPS dan Panwas Lapangan TPS 01 Rasiei Wondama Dipecat

WONDAMA, CAHAYAPAPUA.com–– KPU Kabupaten Teluk Wondama telah menindak lanjuti hasil temuan Panwasu setempat, terkait adanya dugaan pelanggaran kelebihan surat suara yang dibagi melalui hasil kesepakatan bersama di TPS 01 Distrik Rasiei.

“Kita (KPU) langsung tindak lanjuti rekomendasi yang dikeluarkan Panwaslu. Dan hasil rapat pleno, Ketua KPPS TPS 01 Distri Rasiei kita pecat,” ungkap Ketua KPU Robert Gayus Baibaba, S.Sos saat ditemui Kamis (10/12)  di kantornya.

Pelanggaran yang dilakukan, sebut Baibaba, soal pemanfaatan 15 lembar surat suara yang tidak terpakai yang kemudian melalui kesepakatan bersama antara saksi KPPS dan Panwas lapangan dibagi merata untuk tiga tim kandidat. “Kita mencatat itu sebagai sebuah pelanggaran, makanya Sabtu (hari ini,red) akan digelar pemungutan dan perhitungan suara ulang. Kita pun sudah siapkan C6 dan kotak suara untuk kepentingan tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panwas Kabupaten Teluk Wondama Frengky Semboari saat di konfirmasi Cahaya Papua Jumat (11/12) menegaskan, pihaknya telah memecat dua anggota yang terbukti melakukan pelanggaran tersebut.“Sudah dikeluarkan surat pemberhentian sementara kepada anggota Panwas Distrik dan anggota pengawas TPS,” ucapnya.

Menurutnya walau sudah ada kesepakatan bersama dengan saksi dari tiga paslon Bupati dan Wakil Bupati, namun tindakan tersebut tetap melanggar aturan sesuai PKPU Nomor 10 Tahun 2015.

“Seharusnya surat suara yang tidak digunakan di tandai atau disilang lalu dimasukan dalam berita acara. Bukan malah dibagikan merata,” kata Frengky menambahkan dirinya akan hadir pada pemungutan dan perhitungan suara ulang di TPS 01 Rasiei. |ADLU RAHARUSUN

Tinggalkan Balasan